Interkoneksi Transport

Media Penjualan Tiket Pesawat dan Kereta Api Online

Ketentuan Bagasi Lion Air

Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan 1 ( satu ) koli ke kabin pesawat :

Berat maksimal 7 ( tujuh ) kg

Dimensi maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm

Jumlah 1 tas barang pribadi untuk keperluan selama perjalanan (personal item).

Penerimaan barang bawaan di kabin disesuaikan dengan ketersediaan tempat penyimpanan barang bawaan di atas kepala penumpang. Tempat penyimpanan terbatas juga tersedia di bawah kursi depan. Jika tidak ada tempat tersedia untuk meny impan barang bawaan di kabin, maka akan dilakukan penarikan dan pemuatan barang bawaan di ruang bagasi sesuai dengan peraturan keamanan penerbangan.

Bagasi gratis untuk penerbangan domestik.
Dewasa/Anak-Anak : Klas Bisnis 30 kg, Klas Ekonomi 15 kg

Mohon perhatikan bahwa bayi yang tidak disediakan tempat duduk tidak berhak atas kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis dan Lion Air tidak menyediakan kursi yang disediakan khusus untuk bayi.
Barang-barang yang boleh dibawa tanpa dikenakan biaya sebagai tambahan dari kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis (disesuaikan dengan peraturan keamanan).

  1. Tas tangan wanita, buku saku atau dompet yang sesuai untuk perjalanan normal dan yang tidak digunakan untuk tempat penampungan alat-alat yang dihitung sebagai barang bawaan.
  2. Mantel, syal atau selimut.
  3. Kamera kecil dan/atau teropong kecil.
  4. Makanan bayi untuk dikonsumsi selama penerbangan.
  5. Keranjang pembawa bayi.
  6. Payung atau tongkat jalan.
  7. Bahan bacaan dalam jumlah yang wajar.
  8. Kursi roda yang dapat dilipat untuk orang cacat dan/atau sepasang tongkat pemapah dan/atau kawat gigi atau alat prostetik lainnya yang harus digunakan oleh penumpang.

Peraturan Keselamatan:
Sesuai dengan peraturan keselamatan yang berlaku, penumpang dianjurkan untuk :

  1. Tidak menerima paket apa pun dari penumpang yang tidak dikenal.
  2. Tidak meninggalkan barang bawaan tanpa pengawasan di waktu kapan pun, terutama di dalam wilayah bandara. Barang bawaan yang tidak dijaga dapat dicurigai dan disita oleh staf keamanan bandara.
  3. Menyatakan bahwa penumpang sedang membawa senjata atau bahan peledak sebelum check-in. Pernyataan semacam itu termasuk ke dalam pelanggaran Undang-Undang dan Peraturan Pesawat Terbang.

Barang-Barang Yang Tidak Boleh Dibawa:
baterai kering, pisau, gunting, benda tajam, peralatan, senjata api, amunisi dan replika mainan dari benda-benda tersebut tidak boleh dibawa ke kabin penumpang.
Benda-Benda Berharga:
Uang, logam mulia, perhiasan, instrument yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kabin oleh penumpang. Lion Air tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.

Benda-Benda yang Boleh Dibawa dengan Syarat Tertentu:
Obat-obatan dan perlengkapan kosmetik seperti hair spray, parfum dan obat yang mengandung alkohol boleh dibawa penumpang selama perjalanan dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan jenis benda-benda ini boleh dibawa sebagai kargo asalkan dikemas sesuai dengan peraturan kargo.

Benda-Benda Bawaan yang Berbahaya:
Untuk alasan keselamatan, benda-benda berbahaya seperti yang disebutkan di bawah ini tidak boleh dibawa oleh penumpang.

  1. Barang Bawaan (Tas, Koper dan bungkusan lainnya) yang dipasangi alarm.
  2. Gas padat – (didinginkan, mudah terbakar, tidak mudah terbakar dan beracun) seperti butana, oksigen, nitrogen cair, tabung aqualung dan tabung gas padat
  3. Zat Korosif – seperti asam, alkali, merkuri dan sel baterai cair serta wadah yang mengandung merkuri.
  4. Bahan peledak – amunisi, kembang api dan pistol api. Amunisi termasuk tempat amunisi yang kosong, pistol, kembang api dan bagian dari pistol.
  5. Zat cair serta padat yang mudah terbakar seperti refill pemantik, bahan bakar pemantik, korek api, cat, thinner.
  6. Zat radioaktif
  7. Materi yang teroksidasi seperti bubuk pemutih dan peroksida
  8. Zat beracun dan yang dapat menimbulkan infeksi seperti insektisida, pembunuh ilalang dan materi virus hidup.
  9. Benda-benda berbahaya lainnya seperti materi yang dimagnetisas, yang dapat melukai atau membuat iritasi.
  10. Agen etiologis (bakteri, virus, dll.)
  11. Zat-zat yang mengandung merkuri tidak boleh dibawa oleh penumpang.

Ketentuan mengenai tarif kelebihan bagasi informasinya tidak ada yang pasti, dan kami pun belum mendapatkan informasi resmi yang dikeluarkan Lion Air. Dari beberapa informasi pengalaman traveler kisaran harga kelebihan bagasi antara Rp.15.000 – 20.000 per kg.

Anda dapat langsung menghubungi maskapai melalui call center Lion Air di bawah ini :

(+6280) 4177 8899

(+6221) 6379 8000

(+65) 6339 1922 (Singapura)

(+60) 03-7841 5333 (Malaysia)

Telepon: (+6221) 6379 8000 ext 0

Fax : (+6221) 633 5669

Email: customercare@lionair.co.id

105 thoughts on “Ketentuan Bagasi Lion Air

  1. Maaf numpang tanya, kalau bawa peliharaan burung bisa ya?? Terus pesawat apa aja yang boleh?? Setelah kita mengurus perizinan dari karantina dan cek LAB.
    Mohon informasinya. Terimakasih

    • bisa, selain lolos di karantina juga harus menyiapkan sangkar burung yang memenuhi persyaratan.
      lebih jelasnya harus ditanyakan ke petugas berwenang di bandara

  2. min mau tanya, Klw membawa kepiting yg sudah di rebus sebanyak 3-5 ekor boleh gak? di bagisikan atw gak perlu?

  3. Maaf.. saya dalam waktu dekat mau ke simeulue.. saya mau membawa parang 2 pcs. Untuk pekerjaan saya berkebun, apa bisa masuk bagasi, ?

  4. Apakah penumpang bisa membawah alat mesin perkakas tukang kayu. Seperti mesin serut,mesin ruter,mesin bor,mesin grinda..

  5. Min,saya dalam waktu dekat mau flight ke banjarmasin.nah keponakan meminta saya membelikan 1 unit playstation 2 sebagai oleh2.pertanyaannya apakah diijinkan membawa unit tersebut ke dalam kabin pesawat?

    • sepertinya tidak masalah, maaf tidak berani mengatakan dg pasti karena ada kalanya saat cek in petugas meminta barang harus masuk bagasi tercatat

  6. Kalo misalkan kita bawa setrikaan ke bagasi boleh gak min??
    Dan kalo kita bawa tas panjang ya kaya buat travelling ke kabin bisa gak ya??

  7. Halo
    jika saya beli tiket tanpa bagasi, apakah saya boleh membawa luggage saya masuk ke dalam kabin ? dengan ukuran ( 55 X 35 X 23CM ) berat 6-7Kg.

    • sesuai ketentuan ukuran bagasi kabin [luggage] Dimensi maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm
      Jika diketahui ada ukuran lebih besar maka maskapai berhak memindahkan ke bagasi tercatat.
      Tetapi kenyataannya, banyak yang lolos atau dibiarkan sj masuk bagasi kabin meskipun ukurannya melebih ketentuan tersebut

  8. Bagaimana kalau saya membawa part elektronik, seperti dioda, resistor, trafo, ic, pcb dalam keadaan terpisah pisah, mau saya masukan bagasi, bisakah?

  9. Benda-Benda yang Boleh Dibawa dengan Syarat Tertentu: Obat-obatan dan perlengkapan
    kosmetik seperti hair spray , parfum dan obat yang mengandung alkohol boleh dibawa oleh
    penumpang selama perjalanan dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan jenis benda- benda ini
    boleh dibawa sebagai kargo asalkan dikemas sesuai dengan peraturan kargo.

    Maksud sesuai peraturan kargo gimana min? Harus pake packing kayu kah / cukup dibungkus bubble wrap?
    Powerbank bisa dibawa kah?

    • persisnya kami tidak tau, mungkin bisa masuk bagasi tercatat dengan syarat packing yang kuat dan aman. petugas akan minta tanda tangan persetujuan dan tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan

    • sempat terjadi perdebatan yg kami saksikan di konter cek di bandara juanda surabaya, tentang barang spt ini.
      nggak tau bagaimana solusinya

  10. saya hari ini terbang dari balikpapan ke jogja.kebetulan baru dapet hadiah tv led 32″.saya tanya ke beberapa teman dan gogling “boleh g bawa tv d bagasikan” dalam ulasan ulasan di bolehin.tapi ternyata sampai d pelayanan bagasi lion air bagasi saya d tolak padahal udah saya packing rapi pake triplex keliling.sungguh kecewa.alhasil saya harus kirim lewat kargo. andai tau dari awal pasti sudah saya kirim lewat tiki.yang tau ketentuan bagasi tolong dong d jelasin.thengks.

  11. Misal sy bw replika pedang samurai ( seperti aslinya,bahan,kuran dan bentuk) sy bungkus kotak ukuran 150cmx20cmx10cm.apakah bs masuk bagasi? Tujuan luar negeri
    Suwun

    • kalau ukuran masih bisa, tetapi sifatnya sbg senjata tajam kami tidak mengetahuinya apakah boleh atau tidak masuk ke dalam bagasi

  12. kalo saya mau membawa skateboard dengan ukuran 65cm x 16 cm dan berat 2 kg, apakah harus di bagasi atau hand carry? terima kasih

    • 7 kg, tetapi dilihat juga ukurannya. Meskipun tidak sampai 7 kg tetapi ukurannya melebih standar yang ditetapkan maskapai, maka tidak boleh di bawa ke dalam kabin

    • Benda-Benda yang Boleh Dibawa dengan Syarat Tertentu: Obat-obatan dan perlengkapan
      kosmetik seperti hair spray , parfum dan obat yang mengandung alkohol boleh dibawa oleh
      penumpang selama perjalanan dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan jenis benda- benda ini
      boleh dibawa sebagai kargo asalkan dikemas sesuai dengan peraturan kargo.
      sumber : lionair.co.id

  13. Apakah saya boleh bawa 1 liter liquor/alcohol yg masih disegel kedalam koper bagasi dari Jakarta ke Kuala Lumpur? terima kasih

  14. Kalo ke kabin bawa 2 tas, 1 tas isinya laptop, 1 tas kecil wanita isinya kebutuhan perjalanan diperbolehkan?

  15. Maaf nanya, pipa stainless panjang 3 m dengan diameter 1 dim apakah bisa masuk bagasi Lion air ? kalau tidak bisa, ukuran panjang pipa max berapa yg bisa ? Terima kasih.

  16. numpang tanya, kalo bawa kecapi gitu, ukuran 160*40*20 cm gitu, dengan berat 20an-25 kg, apakah bisa dibawa ke atas pesawat aja ya?

    • Tergantung ukuran barang yang dibawa, meskipun ringan tetapi memerlukan area besar, akan dikenakan charge oleh maskapai

  17. maaf mau tanya klo bawa senapan angin sejenis PCP untuk berburu hamaburung yang dilengkapi surat2nya(STKS) dan kartu tanda anggota (KTA)club boleh tidak? klo boleh prosesnya gimana? terima kasih

    • kami pernah dapati calon penumpang membawa pistol, harus menjalani pemeriksaan, setelah lewat x-ray peluru dikeluarkan dan dipegang oleh security bandara, dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan lanjutan (mungkin terkait surat ijin/legalitas) sebelum menuju counter check in.
      terkait dengan pertanyaan anda, senapan angin tentu juga akan menjalani pemeriksaan

    • silahkan dicoba dulu ke traveloka nya
      bagasi tambahan biasanya dapat diproses lewat maskapai yang dipilih, setelah tiket terissued.

  18. Hi… kira kira hari sebelumnya ato pd saat kita pesan tiket, kita bisa langsung “prepaid baggage” gak? soalnya barangku mngkin dhitung2 skitar 25 kg gtu…

    • Biasanya ada menu pembelian bagasi… kl saat cek in biaya kelebihan bagasi 3x lipat lbh mahal

        • Maksudnya :
          Misalnya anda punya barang bawaan bagasi seberat 30 kg, artinya ada kelebihan 10 kg. Kalau saat beli tiket sekalian bayar kelebihan bagasi mungkin biaya per kg nya cuma 20rb, shg bayar 20rb x 10kg = 200rb. Jika anda membayar kelebihan bagasi saat cek in, biaya kelebihan bagasi bisa mencapai 60rb per kg nya. 60rbx10kg = 600rb.
          Semoga faham

Comments are closed.