Interkoneksi Transport

Media Penjualan Tiket Pesawat dan Kereta Api Online

Perbedaan Kereta Api Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi

20150224_075443Sebagai angkutan massal, kereta api menjadi tumpuan masyarakat dalam bepergian. Selain murah, kereta api juga memiliki kelebihan lain yaitu cenderung lebih aman dibandingkan angkutan lain, lebih nyaman dan lebih cepat. Daya angkut kereta api jauh lebih besar dibandingkan angkutan lainnya. Kereta api dalam 1 kali perjalanan mampu mengangkut ribuan penumpang.

Berdasarkan jenis kelas kereta api terbagi menjadi 3 yaitu kereta api eksekutif, bisnis dan ekonomi. Ketiga jenis ini memiliki kesamaan yaitu semuanya dilengkapi dengan sistem AC. Seluruh jenis kereta api melarang ada asap rokok di dalam gerbong. Selain itu juga dilarang ada pedagang asongan masuk ke dalam gerbong.

KA senja utama soloPerbedaan dari ketiga jenis kereta api ini, yaitu :

  1. Perbedaan harga tiket

Harga tiket kereta eksekutif terpaut cukup jauh nilainya dibanding 2 jenis kereta lainnya. Bahkan harga tiketnya hampir sama dengan harga tiket pesawat udara.

  1. Perbedaan kualitas AC

Jika diurutkan berdasarkan kualitas AC, maka urutan dari yang terbaik adalah eksekutif, bisnis dan ekonomi. Tetapi ada kereta Ekonomi yang kualitas AC nya justru lebih nyaman dibandingkan kereta api bisnis. Di kereta eksekutif disediakan selimut dan bantal gratis. Untuk perjalanan malam hari gerbong kereta api eksekutif terasa dingin sekali, sehingga selimut cukup nyaman digunakan.

  1. Perbedaan kualitas tempat duduk

Susunan tempat duduk kereta eksekutif dan bisnis 2-2, kereta ekonomi 2-3 dan 3-3. Kualitas kursi eksekutif cukup empuk, bisa di rotasi, bisa diatur kemiringannya. Kursi kereta bisnis agak empuk, dilapis jenis kulit imitasi, hanya bisa diubah arah hadapnya. Sedangkan kursi ekonomi, kursi tidak empuk alias keras, sempit, tidak bisa diubah arah hadapnya karena posisi penumpangnya saling berhadapan.

  1. Perbedaan kecepatan atau waktu tempuh

Kereta api eksekutif lebih cepat karena tidak semua stasiun disinggahi. Jika pada posisi bersamaan kereta lain harus mengalah untuk mendahulukan kereta eksekutif lewat.

  1. Perbedaan kenyamanan dalam perjalanan

Nuansa ruang dalam gerbong eksekutif cukup nyaman dan bersih. Dilengkapi gordin dan sun shading pelindung dari silau sinar matahari.

  1. Perbedaan stasiun yang disinggahi

Di beberapa kota, stasiun untuk kereta api eksekutif dibedakan dengan kereta ekonomi. Misalnya di Yogyakarta untuk eksekutif di Stasiun Tugu, sedangkan layanan untuk kereta ekonomi di Stasiun Lempuyangan. Di Jakarta kereta eksekutif di stasiun Gambir sedangkan ekonomi di Stasiun Pasar Senen. Di Solo, kereta eksekutif di Stasiun Solo Balapan, sedangkan ekonomi di Stasiun Purwosari.

 

Dalam satu rangkaian kereta api ada juga kombinasi kelas tiket yaitu kelas eksekutif dan kelas bisnis seperti KA Gumarang jurusan Jakarta – Surabaya. KA Sancaka jurusan Yogyakarta – Surabaya. Bahkan ada kereta api dalam satu rangkaian terdapat seluruh kelas seperti KA Harina yang memiliki rute Banding – Surabaya. Ciri kereta api yang murni memiliki rangkaian eksekutif yaitu memiliki imbuhan nama Argo seperti Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Sindoro, dll. Selain yang memiliki imbuhan Argo, tetapi seluruh rangkaiannya kelas eksekutif adalah KA Sembrani, KA Bima, dll.

958 thoughts on “Perbedaan Kereta Api Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi

  1. Mas kereta jayabaya ditarik loko CC 206 sedangkan sembrani ditarik CC 203. CC 203 dan CC 206 kan loknya bagusan CC 206 kenapa kebalik lok nya harusnya kan KA eksekutif yang ditarik lok CC 206

  2. min mau tanya kereta eksekutif taksana pagi, jkt-yogja kursinya bisa dirubah posisinya jadi saling berhadapan ga ya?
    Thx

  3. Min mau nanya kmrin sya bli tiket kereta onlain untuk dewasa dan anak saya umur 5tahun lupa nyantumin ank saya gimna nanti itu yaapa ada masalh

  4. izin tanya min, saya kan beli tiket pulang dngn tujuan sawunggalih – pasar senen, nah pertanyaan saya di stasiun sawunggalih bisa ngeprint tiketnya kan ?

    Kalo saya ngeprintnya dipasar senen, 7 hari sebelum keberangkatan bisa ga min ?

  5. malem min .. sorry mau nanya nihh .. sy baru pertama kali mau naik kereta .. rencana nya dari bdg ke jogja , mending eksekutif atau bisnis ? terus kalo bisnis kursi nya sendiri” atau di gabung ya ? thanks before 🙂

  6. Min mau tanya, kalau dari jogja ke jakarta naik ka bisnis Fajar Utama, apakah kursinya bisa diputar jadi berhadapan? Soalnya saya bawa anak2…
    Selain Fajar Utama ka bisnis dari Jogja -Jakarta apa lagi ya?
    Terima kasih

  7. Maaf min mau tny, klo saya mau k jogja KA bisnis, apa bisa turun di stasiun tugu yogyakarta?? Karna ini pengalaman pertama saya mau ngebolang. Terimakasih

  8. Dear Admin,
    KaLO KA Lodaya kelas Bisnis, Posisi Gerbong Bisnis 1 itu di belakang atau di tengah?

  9. Min, kalo 1dewasa bawa 2balita enakan ambil seat nya nomor berapa aja ya. Kalo 1c itu bisa diputar ngga ya utk kereta eksekutif.

  10. Tlg tanya min.Sy tdk tahan ac dingin.Kl naik ka malabar malang bandung,klas bisnis sama ekonomi dingin mana?Tks

  11. min kalo dr jakarta ke jogja pakai kereta apa ya? dan brpa harga tiketnya kalo eksekutif/express

  12. Mau tnya .. Kmrn kan sy bli tiketnya online.. Di tiket. Com..
    Dpt hrg promo eksekutif. Tp di tulisnya kelas ekonomi kursi eksekutif 2..
    Mksdnya gmn?

  13. Min kalau mau ke nganjuk naik yang eksekutif pakai kereta yang mana, takutnya tidak berhenti di stasiun nganjuk nya

  14. Min mau nanya kam saya mau naik dr jakarta ke lamongan nah saya mau pilih yg bisnis atau ga eksekutif nah kereta nya berenti jga kan di stsiun lamngan . Saya takut ga brnti krna ini kan bukan ekonomi

  15. Min mw tanya,klo ka bdg-cirebon bisnis kursi nya hadap”an gaa?nama kreta nya biasa nya apa ya..sya bru pertama ngebolang?

  16. Klo bwa bayi, enak pke executive ato bisnis ya min?
    KA executive dr stasiun Kutoarjo (purworejo) jurusan ke bnyuwangi ada gk ya

  17. Min kalo dari semarang ke jkt naik ka bisnis bisa turun di senen? Untuk bisnis nya dapet makan sama selimut gak?

  18. Admin mau tanya,
    Kemarin sy mw beli tiket kereta api singosari dari lempuyangan tujuan cikampek. Tp kenapa harganya beda2 yaa?ada yg paling murah kurang dr 200rb-300rb paling mahal. Itu bedanya apa ya kan sama2 1 kereta?
    Terima kasih sebelumnya.

  19. Mlm min,klo argowilis dr yogja siang ke bdg dpt selimut dan bantal?
    Dan turangga mlm dr bdg dapet juga gk?

  20. Min saya mau nanya kan sy sdh beli tiket dari stasiun jatibarang indramayu ke gambir.. nah berubung gambir nga ada krl. Jadi blh nga sy turunnya di stasiun jatinegara aja? Tapi di tiketnya gambir.. jsdi blh tidak sy turun di st jatinegara?

  21. Min mau nanya kalau tegal bahari eksekutif enak nga ya min saya sub classnya x. Lebih enak tegal bahari eksekutif atau argo jati eksekutif? Sy dari jati barang indramayu mau ke gambir?

    • pesan tiket pesawat atau kereta api bisa dengan kami, silahkan kontak ke 081250006953 (sms/wa/telegram)

  22. Min… knpa saya cari / pesen tiket online jurusan surabaya k blitar g ada y?
    Kalo emng g da apa alternatifny min?
    Trims….

    • mohon maaf kami baru bisa menjawab pertanyaan sekarang.
      dari surabaya ke blitar bisa naik kereta lokal yang tidak bisa dipesan secara online, jadi langsung ke stasiun

  23. Min, klo naik kereta gumarang kelas ekonomi jkt – sby ada yg jual makanan ga di dalam keretanya,

  24. Min saya mau tanya, saya baru kali ini naik kereta dari gambir ke bdg, kalo saya naik eksekutif gimana caranya ya?

  25. Maaf kira2 kalau krta api bisnis itu duduknya berhadapan tidak? Trus bedanya ekonomi AC dan bisnis apa ya.soalnya bsok saya mau ke solo dari arah pasar senen.krta apa yg cocok buat saya?

  26. Min sya mau nanya, kalo mau ke jakrta dari jogja naik bisnis atau eksekutif bsa turun di stasiun manggarai tidak ya? Terimakasih

  27. Dari smg ke sby sy naik ambarawa express ditiket tercatat naik dari stasiun tawang.
    Apakah bisa sy naik dari stasiun poncol

  28. Admin… Mau tnya dong. Saya ada mau melakukan perjalanan jkt-gombong naik kereta eksekutif. Kira2 kereta eksekutif berhenti di stasiun gombong ga ya. Krn itu stasiun kecil. Apa hnya tersedia utk ekonomi dan bisnis aja. Tq

  29. Min mau nanya, ka bisnis yang nyaman dr pasar senen ke purwokerto apa ya? Dan ka bisnis itu tempat duduknya ga berhadapan kan untuk semua jenis ka bisnis?

  30. Min, mau tanya. Saya baru pertama naik KA. Kalau mau naik KA dari jogja ke jkt. Naik nya darimana & turunnya dimana ya? KA apa yg nyaman untuk kelas ekonomi/bisnis? Terimakasih

    • Kl naik eksekutif, dari sta tugu, turun di gambir
      Kl naik bisnis, dari sta tugu, turun di ps senen
      Kl naik ekonomi, dari sta lempuyangan turun di ps senen

  31. Min, kalau saya naik kereta ekonomi dari jogja ke bandung gitu berarti dari stasiun lempuyangan? Atau malah dr tugu?

    • Min, kereta jakarta – surabaya rekomen naik Gaya Baru Malam Selatan / Kertajaya? Kalo dari segi kenyamanan bedanya apa ya? Sama2 ekonomi tapi kok lebih mahal kertajaya.

  32. Min, klo dr jakarta ke semarang, kereta eksekutif yg paling nyaman yg mana ya? Argo Anggrek, Sembrani atau Bangunkarta? Makasih min

      • Min..saya ada rencana k sby pakai KA eksekutif… yang paling nyaman untuk cewek pilih kursi nomor berapa ya? Apa eksekutif akan banyak berhenti di stasiun2?

        • ambil kursi di tengah.
          pemberhentian kereta eksekutif di sta gubeng kl rute lewat selatan (spt dari bandung-yogya-surabaya
          di sta pasar turi kalau rute lewat utara (spt dari jkt-semarang-surabaya)

  33. Min sy mau pergi ke Jakarta jogjakarta naik kereta bisnis pp naik kereta apa ya, trs naik nya di senen atau gambir

  34. Min… apa sich bedannya Ka Gumarang Ekonomi, dgn Ka Ekonomi lainnya (Kertajaya,Tawangjaya)

    • di rangkaian gumarang ada gerbong eksekutif
      sedangkan di rangkaian kertajaya dan tawangjaya semuanya kelas ekonomi

  35. Min mau tanya, saya dari tugu mau ke jatinegara naik senja utama solo kelas bisnis, seat nya bisa diubah tegaknya ga ya? Terus seatnya sendiri2 atau berdua kayak ekonomi itu? Soalnya saya pergi berdua min. Makasiih :))

  36. Min Mau tanya ..kalo kereta api kertajaya tuhh tempat duduknya buat bertiga semua ato ada yg berdua nya ya ???

  37. Min saya kan mau beli tiket kereta dr jkt ke sby di aplikasi,
    Jarak t
    empuh ekonomi sama eksekutif kok beda cuma 12 menit min??
    Padahal eksekutif lebih cepat
    Pernah lihat di aplikasi malah ekonomi ada yg jarak tempuh lebih cepat 11j50m dan eksekutif 12j15m

    • perbedaan waktu tempuh tergantung durasi waktu berhenti di stasiun persinggahan. biasanya kereta eksekutif jkt – sby, di set waktu tiba di waktu subuh, sedangkan ekonomi di waktu dini hari atau tengah malam. tiba di waktu subuh lebih nyaman dibandingkan tiba di waktu tengah malam.

  38. min, saya kan dari luar jawa, mau ke jogja, tpi via kapal laut ke surabaya dulu, baru panjt via kereta api surabaya-yogya, nah kereta api yg ke yogya kereta api apa ya ? dan naiknya di stasiun kereta mana ?

  39. Min maaf sebelumnya saya pertama kali naik kereta…saya dari cikampek mau ke jogja, kalo mau naik kereta argo lawu apakah saya harus ke gambir dulu? Apa bisa berangkat dr cikampek?

  40. Min klo saya naik lodaya malam dar8 bandung menuju jogja dan saya di tiket bertulisan bandung – watea sedangkan saya mau berenti di tugu jogja bisa kan??

    • mungkin yang dimaksud wates bukan watea.
      anda harus turun sesuai stasiun yang tertera di dalam tiket, karena stasiun tugu setelah stasiun wates. namun berhubung jarak wates dan sta tugu sudah dekat, biasanya tidak ada pemeriksaan oleh petugas.

  41. min saya naik fajar utama yk jam 07.00.apakah bsa turun st kroya??stasiun manakah yg terdekat ke cilacap?

  42. min mau tanya kalo dari jakarta mau ke stasiun tegal slawi enaknya naik dari gambir atau pasar senin? dan juga naik kereta apa ya min dari per kelasnya? makasih

  43. Min,kalo dari Bandung-Mojokerto naik apa kalo yg eksekutif,tapi keretanya dari st.Kiaracondong

  44. Min tanya >> kreta eksekutif harina 73 , interior kursi di bag. Tengah sudah pakai hand support kah … Spt argo wilis ato turangga

  45. Min klo bandung surabaya enak naik kereta apa ? Klo eksekutif pilih tempat duduk yg nyaman gmna ?

  46. Min, Mau Tanya… Klo Dari Jogya Ke Jakarta. Kereta Eksekutif Yang Enak Dan Senyaman Mungkin Harus Naik Apa.?

    • lebih baik dari surabaya gubeng. kecuali naik kereta argo jati, pemberhentian akhir di sta cirebon

  47. min,klau mau ke stasiun ngrombo dari jakarta lewat stasiun mana,pasar senen/gambir

  48. Min saya dari jember ke surabaya mau naik kereta eksekutif, saya lihat harga KA mutiara timur sama KA Ranggajati harganya jauh lebih mahal ranggajati padahal sama sama eksekutif dan kelasnya sama. Bedanya apa sih min? Mohon infonya

    • lintasan perjalanan ranggajati lebih jauh, jember – cirebon, dengankan mutiara timur surabaya – banyuwangi saja

    • senja utama yogya/fajar utama yogya/senja utama solo
      kalau mau ekonomi naik lewat stasiun lempuyangan

    • sama sj kondisinya, namun pada gumarang juga ada rangkaian eksekutif sehingga frekuensi berhenti tidak sebanyak menoreh

  49. Min kalo dari semarang mau ke bekasi enaknya naik kereta apa soalnya baru mau pertama kali naik kereta

  50. Admin mo tanya sy ada rencana ke yogyakarta tujuan stasiun tugu,dr bandung naik dr statiun apa ya?trus naik kereta apa?(bisnis/eksekutif)

  51. Min saya dr cirebon mau ke solo enaknya naik kereta apa? Trus biar goncangannya gk terlalu ambil kelas ap? Terimakasih

  52. min mau nanya saya mau naik kereta eksekutif dari YK jurusan madiun enaknya naik apa kalo pingin sampainya siang hari…

  53. Minn.. kelas bisnis,kursinya bisa di turunin / agak tidur gitu. Ga min ?? Masa iya sm ky ekonomi???

  54. Admin saya mau tanya, kenapa ada ekonomi yg harganya mendekati eksekutif? Kalaupun fasilitasnya lebih bagus dr ekonomi yg biasanya, tp pasti tdk sebagus dgn eksekutif yg asli? Lalu apa yg membedakan? Trs mah tanya mas. Purwojaya sama sawunggalih eksekutif enakan mana ya? Maksud saya dr segi getaran kereta. Lebih berisik sawunggalih atau purwojaya? Terimakasih sebelumnya

    • 1. Kenapa ada ekonomi yg harganya mendekati eksekutif? –> silahkan tanyakan ke PT Kereta Api Indonesia
      2. Kalaupun fasilitasnya lebih bagus dr ekonomi yg biasanya, tp pasti tdk sebagus dgn eksekutif yg asli? Lalu apa yg membedakan? –> yg jelas harganya beda, seperti hukum ekonomi, makin tinggi permintaan semakin naik harganya.
      3. Purwojaya sama sawunggalih eksekutif enakan mana ya? Maksud saya dr segi getaran kereta. Lebih berisik sawunggalih atau purwojaya? —> kalau saya pilih purwojaya

  55. Min mu tanya,,
    Kalau mau ke blitar dari jogja naik eksekutif itu bisa ga ya min?? Terus itu kalau mau naik kereta ada pemberitahuan nya ga min kalau eksekutif naik gerbong mana??

    • bisa. coba naik malioboro ekspress.
      biasanya ada pemberitahuan dan juga ada petugas di setiap pintu gerbong

  56. Min, saya mau nanya kalo kereta api taksaka pagi tambahan buat lebaran, yang harganya Rp 495.000.00. Termasuk subsclass apa ya ?

  57. min mau tanya, kalo dari surabaya-malang lebih nyaman naik kereta apa yg tempat duduknya bisa berhadapan 3-3?

    • kereta yang duduknya berhadapan adalah kereta ekonomi, surabaya malang kereta ekonomi jayabaya

  58. Min klo dari jogja menuju kediri naik kreta apa?stasiun apa?trus klo udah sampai kediri ada travel atau bus yg bisa ngantar ke kampung inggris gak min?soalnya bulan juli mau berangkat ke kampung inggris min
    Tlng infonya min

    • bisa naik malioboro ekspress.
      maaf kami nggak tau info transportasi ke kampung inggeris

  59. Min saya rencana mau ke jogja, berangkat sore dari bandung pakai kereta kelas ekonomi itu enaknya naik yg apa dan turun dmn supaya deket ke pusat kota jogja..trmksh

  60. Min mohon info, sy pertama kali naik kereta. Dari bandara juanda terminal apa yang terdekat untuk ke solo, trus bagusnya naik class apa yang nyaman untuk pertama kali?? Mohon info ya trimakasih

  61. Maaf brtanya kalau mahu ke jakarta dari jogja menggunakan eksekutif dicadangkn yg mana? terima kasih

  62. Min, mau nanya kalau mau ke jogja naik eksekutif pilih kereta mana ya enaknya? Terus klo yang ekonomi jg yg mana? Berangkat pagi atau malam

    • kl baru pertama kali ke yogya naik kereta, kami sarankan naik taksaka (pagi/malam) karena pemberhentian kereta berakhir di sta tugu yogya, kalau kereta lainnya hanya berhenti beberapa menit di yogya.

  63. Min, maaf mau tanya. Sy mau perjalanan jogja-jakarta tgl 7juli 2017. Berangkat bersama suami dan anak usia 9 bulan. Nyaman pakai KA kelas bisnis/eksekutif y? Mengingat masih menyusui jd perlu sedikit privacy,,, terimakasih

  64. Kalau gerbong atau tempat buat menyusui atau pumping adakah dalam kereta, terutama kereta ekonomi..??jujur menyiksa bgt kalau perjalanan jauh dan g pumping itu..

  65. Kalau blh tau min perbedaan antara yg kutsel rglr dgn yg leb stasiunnya d mn aja.soalnya sy sdh cr d intrnt tdk ke temu.

  66. sy mau nanya min .sy sdh dpt tkt lbrn kutsel leb .tp knp wkt tmph krt sy beda dgn krt yg reguler ?

    • perbedaannya karena ada perbedaan stasiun yang disinggahi dan karena ada pengaturan kecepatan kereta agar tidak terjadi tubrukan antar kereta

  67. Min, klo berngkt dari stasiun tugu yogyakarta menuju stasiun bandung berangkat malam bagus nya naik kereta apa min? Mau ngambik kelas ekonomi

  68. kalo jogjakarta bandung malam mana lebih nyaman lodaya turangga Malabar?
    kl ke kota bandung ke stasiun mana?mksh

  69. min saya mau naik kereta jayabaya ke malang baru pertama kali, kira kira keretanya nyaman ga min ?

  70. Utk ke maribaya bandung, dr jakarta lebih baik naik yg mana yaa? Eksekutif, bisnis atau ekonomi. (Jkt-Bdg)

    • Maribaya terletak di daerah lembang, bandung, jauh dari stasiun. jadi tidak berpengaruh mau naik kereta kelas apa saja.
      dari jakarta ambil rute kereta ke stasiun bandung. dari stasiun bisa rent car atau taxi. perjalanan ke maribaya dari stasiun paling cepat 1 jam, karena melewati jalan2 macet.

  71. Maaf min KA Harina apakah singgah di stasiun tegal..??saya berencana mudik pkai eksekutif harina dari pasar turi surabaya

  72. Min.. mau tanya
    Anak saya usia 2,5th .. pesan tiket tapi tidak berbayar .. apa memang usia segitu tidak harus bayar?

  73. Min, jika ber2 dengan balita mlm hari lebih nyaman eksekutif atau bisnis ya..?biar anak posisinya tidur nyaman….? jika taksaka apakah sandaran tangan yng di tengah bisa di hilangkan biar bisa di pake posisi tiduran menyamping 2 bangku…? Thanks.?

  74. Min. Nmpang tny dr klt ke bekasi pilihannya ekonomi krakatau n bisnis senja utama. Bagusan mn?
    Kami berlima spy bs duduk berhadapan gmn nmr kursi yg dipilih?

  75. Saya dr srby stasiun sidoarjo, mau ke banyuwangi, kereta mutiara timur malam.
    Beli tiketnya distasiun..siang atau sore, bisa nggak ya?

  76. Admin,saya dari malaysia.saya bercadang mahu menaiki kereta api dari yogyakarta ke bandung. 2 orang dewasa, dua kanak-kanak umur 4 dan 6 tahun. Soalan:
    1.apakah kereta api yang paling selesa untuk kami (tanpa mengira kos)(malam).
    2.adakah kerusi eksekutif boleh dipusing supaya kami berempat tidur menghadap sesama kami.
    3.kanak-kanak umur 4 dan 6, perlu dibeli tiket?
    4.adakah selimut,bantal disediakan?

    • jawaban
      1. bisa naik kereta lodaya
      2. kursi eksekutif bisa diputar (dipusing) berhadapan
      3. usia 4 dan 6 harus ada tiket
      4. disediakan untuk eksekutif

  77. Min, mau tanya. Sy dr crb mau ke bdg ingin naik Ka Harina, beli tiketnya bs langsung tidak ya?

  78. Min, mau tanya. Saya dapat 2 tiket kereta mudik malabar solobalapan-kircon yg harga 230k. Yang 1 ekonomi-1 6a yang satu lagi ekonomi-2 19c itu tuh tempat duduknya beda gerbong atau satu gerbong?

  79. Min mohon tanya klo dari jakarta naik gumarang turun di sby psr turi kalau mau nyambung ke banyuwangi stasiun yg dkt ketapang(penyebrangan ke gilimanuk ) naiknya bisa dari sby psr turi atau musti ke gubeng ? Saran admin dinanti mksh

  80. Admin mau tanya, saya beli tiket fajar utama yogya naik dari purwokerto menuju jakarta, bisa ngga tiket tsb saya gunakan dengan keberangkatan dari yogya menuju jkt?

  81. Min mau tanya? Saya dari karawang rencana mau ke jogja, mohon info rute nya, maklum pertama kali

    • bisa naik kereta krakatau berangkat jam 13.45, turun di stasiun lempuyangan yogya jam 21.23

  82. Maaf Min mo nanya, kami skluarga kebetulan dapat kursi eksekutuif argo dwipangga 8a, 8b, 8c. Trus ntar duduknya gmn ya yg enak? Klu 2-2 berarti yg sebelah ntar orang lain kan? Supaya kami saling berhadapan tetap bisa kan Min?

    • ya, memang seperti itu kondisinya kalau ada berangkat 3 org berarti ada 1 orang lain. nggak mungkin mengubah kursi

  83. Min,kan pesen tiket online.trs kalo mau tuker tiket 12jam sebelum keberangkatan atau bisa kapan aja?trs kalau ga cetak boarding pass bisa ga??

    • Min mau tanya saya mau naik kereta eksekutif untuk 3 orang (saya suami dan anak 3 tahun) kalau saya beli tiga tiket karena susunan kursi 2-2 bisa tdk kursi yg didepan diputar biar berhadapan (rencana buat suami) mohon infonya

    • bisa naik taksaka atau argo dwipangga. keduanya sama bagusnya
      taksaka berhenti di stasiun akhir sta tugu yogya
      argo dwipangga berhenti stasiun akhir sta solo balapan
      karena beda jarak tempuhnya maka argo dwipangga lebih mahal dibandingkan taksaka, jika anda hanya ingin ke yogya
      cek harga ? silahkan klik ini

  84. Wah mantap commentnya banyak, Mas mau tanya dong beda bisnis sm eksekutif yg paling signifikan apa ya? Perbandingannya sy mau naik KA pp dr Bdg-Sby. Kl bisnis kursinya yg panjang dengan kulit imitasi itu atau kursinya 1-1? Bisnis kursinya bs diseting?

    • Beda kursinya, kursi 1-1 bisa disetting. Kl kursi bisnis bisa setting juga dg membalik sandarannya

  85. Udah boking tiket tp nmnya slh tdk sesuai misalnya budi hartono jd budi kristanto gima

  86. Kalau terjadi kesalahan penulisan nama (kurang 2 huruf) saat pemesanan tiket gmn min? No ID nya sudah benar.
    Terima kasih.

  87. Min kalau Jakarta ke Yogya ada beberapa yg kelas busines, mana yg terbaik, bersih & terbaru? Yang nyaman berangkat pagi, untuk bawa anak kecil. Terimakasih

    • Jakarta Yogya : Fajar Utama Yogya, Senja Utama Yogya dan Senja Utama Solo
      Tp kami tidak bisa menilai mana yang lebih baik, kondisinya hampir sama.
      Kalau ingin keberangkatan pagi, cuma fajar utama yogya saja pilihannya

  88. Min klo sancaka ekonomi dr surabaya gubeng ke Jogya tidak bs turun di stasiun tugu ya?
    Trus meski lebaran dijamin tdk ada penumpang yg berdiri yaa?
    Cetak ticket sendiri boleh ya? Apa hrs di stasiun? Trus bs cetak ticket nya brp hr sblm berangkat?
    Makasih sblm nya infonya Min

    • 1. Bisa turun di sta tugu
      2. Ya tdk ada yg berdiri
      3. Hrs di stasiun.
      4. Cetak tiket bisa kapan sj, cetak boarding pass 1 jam sebelum brkt

      • Min, tiket lebaran kan sdh ludes tuh, saya sdh dapat tiket nih, adek saya mau nyusulin ikut,
        Kereta sama2 Turangga, saya dapat tiket yg harga 330 gerbong 1. Adek saya dapat yg harga 408 gerbong 3
        Itu masih 1 rangkaian kereta atau sdh beda kereta ya min?

  89. Min mau tanya kalau eksekutif saya dapat kursi 6a sama 5a apa kursinya bisa dibalik menjadi berhadapan

    • bisa tp lucu juga ya karena di sebelah ada orang lain. lebih baik tukar tempat duduk dengan sebelahnya yg di 6b atau 5b

    • Naik kereta bisnis atau eksekutif, bisa naik sancaka, turun di stasiun tugu, bukan di stasiun lempuyangan

  90. min mau tny, saya mau plng dr surabaya ke jakarta, bawa balita 2 usia 1 & 2 tahun…lebih baik saya pesen 2 tiket jayabaya atau 1 sembrani ya ? perbedaan sembrani dgn argo anggrek apa kan sama2 eksekutif

  91. Balik nama tiket ke stasiun bisa ga gan?
    Tiket tetangga mau d cancel & sy kehabisan tiket…23 juni 2017

  92. Min. Mau nanyaa nih, saya mau bepergian ke surabaya, kira2 kereta yang paling nyaman yang mana yaa? Untuk perjalanan malam dari jogja? Antara Bima executive dengan mutiara selatan Executive

  93. Admin mau tanya ane udh cari tiket buat tgl 23 juni udh habis..pdhal ane up date jam 00.00 tp udah habis. Menurut admin bener gak ada kereta tambahan..jujur ane kecewa sama pihak KAI. ane sempet dateng langsung ke stasiun ps.senin tp tiket habis. Malah ada orang dalem bilang suruh cari diagen travel penjualan tiket. Hebat ya knp banyak yg dateng antri tp malah dijual ke agen.

    • biasanya ada kereta tambahan mudik lebaran, tetapi pengumuman resminya belum ada untuk saat ini

  94. Min numpang tanya lagi. Sy dapat tiket mudik lebaran dgn KA ciremai ekskutif 3 dr cirebon ke semarang tawang dgn tgl keberangkatan 23 Juni 2017 itupun sy dptkn dr jm 00 semaleman untuk bs update psn tiket. Munurut admin KA ciremai tsb nyaman gak, on time jg gak brgkt ny jm 10:35,fasilitas apa yg di dapat,bagaimana kondisi tmpt duduk di ekskutif 3 KA ciremai. Soalnya baru pertama naik KA tsb. Ada sedikit gambaran min buat saya. Terima kasih

    • seluruh kereta berangkat on time.
      penumpang eksekutif dapat bantal dan selimut, tp tidak boleh dibawa pulang
      kondisi tempat duduknya cukup empuk, sandaran bisa di atur kemiringannya.
      AC dingin
      Kebersihan terjaga
      Kondisi tidak berisik karena lebih kedap suara dibandingkan kereta bisnis

  95. Min. Kereta executive yogya bandung berangkat siang yg nyaman dlmnya apa? Kl kita pergi 3 orang pingin dekatan duduknya , jika pesan lewat online bisa? Atau tempat duduk di tentukan saat chevk in spt pesawat?

    • semua kereta eksekutif nyaman. kalau ingin duduk berdekatan bisa diatur saat booking online
      kalau beli di agen tiket, tergantung kapasitas agen, karena ada agen yang tidak menyediakan pilihan tempat duduk.
      berbeda dengan tiket pesawat, tempat duduk akan ditentukan saat cek ini. sedangkan kereta api tempat duduk dipilih saat pembelian
      semoga penjelasan kami difahami

      • Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat. Saya sdh booking online lodaya execitive spy bs lihat pemandangan krn berangkat pg. Saya pilih tmpt ddk 2ABC. apakah itu sdh tepat? Ada tempat kakinya kah? D yogya stasion Tugu? Trus kita sampai stasion check in d mana?

        • khusus eksekutif ada tempat pijakan kaki di depan tempat duduk
          no seat 2 dekat dengan bordes atau area menuju gerbong lain
          cek in di stasiun tugu, bisa lewat pintu selatan atau pun pintu utara.
          kalau dari Malioboro pintu selatan sebelum rel, dan kalau pintu utara harus menyeberang rel.

  96. Min,ijin tanya.baru pertama coba naik kereta.klo kereta malang-jakarta yg nyaman yg ekonomi/eksekutif?kisaran harga tkt brp?turunnya d stasiun mana?
    Trims.

    • malang-jakarta
      jika kereta ekonomi/bisnis bisa turun di stasiun pasar senen atau jati negera
      jika kereta eksekutif turun di stasiun gambir
      lebih jelasnya bisa cek disini

  97. Min mau numpang tanya..kalau daei bandung ke jogja nyaman nya naik apa ya min dan yg terjangkau sama stasiunnya mudah di jangkau sama transpotasi umum apa ya min

    • nyaman tapi murah berarti naik ekonomi, lebih nyaman lagi naik kereta bisnis walaupun lebih mahal.
      naik stasiun hall bandung lebih dekat dengan pusat kota dan mudah dijangkau transportasi umum

      • Min numpang tanya lagi. Sy dapat tiket dgn KA ciremai ekskutif 3 dr cirebon ke semarang tawangdgn tgl keberangkatan 23 Juni 2017. Munurut admin KA ciremai tsb nyaman gak. Soalnya baru pertama naik KA tsb. Ada sedikit gambaran min buat saya. Terima kasih.

  98. min saya mau nya kalau dari psr senen ke jogja naik kerta bisnis berangkat malam bagus naik kereta apa ya ? soalnya bnyk pliha maklum baru pertama, kalau bisnis gk berhadap2an kan min duduknya

  99. Min senja utama solo kelas bisnis b kursinya satu-satu seperti bis atau panjang seperti kelas ekonomi?ada ga yg kelas eksekutifnya senja utama solo?kalo ada berapa harga tiket lebarannya?

  100. Mau tanya klo saya dari jogja mau kebandung ,biar sampe bandung pagi saya naik kereta apa ya yg nyaman ,makasih karba saya bawa anak

  101. min, mau nanya. kalo mau naik kereta kls bisnis ke jogja naik kereta apa? dan naik nya darimana? thanks min

  102. Yth bapak admin,
    Saya mau bertanya.. kami berjumlah 10 orang.. akan berangkat Surabaya – Yogyakarta (pp)..

    Jam keberangkatan dari surabaya yang kami inginkan adalah jam 19.00 dan kembali dari yogya ke sby adalah jam 14.00

    Mengingat jumlah 10 orang.. utk efisien tiket sebaiknya disarankan yang kelas apa ya pak..

    Terima kasih banyak sebelumnya bapak.

  103. Min mau tanya klo kahuripan atau pasundan rute bdg jogja mending yg mana ya.. Soalnya bw orgtua jd pgn murah tp nyaman… Tlg info nya min mksh

  104. Bung Admin,
    Untuk kereta mutiara selatan bisnis bangkunya bisa diputar berhadap2an ?

    Terima Kasih

  105. Mau nanya om, sy dr cilegon mau ke cepu.. Apa ada keretanya?.. Apa harus naiki kereta dr cilegon ke ngawi? Trs kereta yg sedeng yg clas bisnis ekonomi apa eksekutif, terimakasih.

  106. pak mhon info. sya dari klaten rencana mau ke cibinong bogor, urutan yg lengkap dr stasiun klaten sampai cibinong apa ya? sama jam kbrngkatan ya pak admin. mtrnuwun

  107. Min.. Kalo kreta ekonomi dari PSE ke PWT yang seat nya berhadapan 2-2 kereta apa ya min? terimakasih

  108. Min.. Mau minta reccomend dong. . Saya kan mau pulkam ke purwokerto nih dari PSE ke PWT. Kira² kreta api ekonomi yang fasilitas nya paling nyaman kreta apa ya? Soal nya kalo bisnis/eksekutif, seat nya tdk bisa berhadapan.
    Mohon ya min hehe makasih

  109. Hi Min, sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih atas waktunya. Min, sy posisi di Jakarta ingin ke jogja kemudian dr Joga mau lanjut ke Sendangsono. Bagusnya naik kereta apa ? Dan turunnya di stasiun apa yg paling tepat utk melanjutkan ke Sendangsono? Sy masih bingung antara kelas bisnis atau eksekutif. Intinya sy ingin kereta yg cepat tdk terlalu banyak mampir distasiun. Maaf, krn ini baru pertama kali naik kereta. Satu lagi Min, sy pernah lihat di web utk pemesanan tiket utk kelas bisnis ada tertulis (K), (N) dan (B) itu maksudnya apa ya? dan harganya berbeda beda jg walau tdk terpaut jauh mohon penjelasannya,Terim kasih.

    • saran : lebih baik naik eksekutif.
      tentang perbedaan tarif berkaitan dengan posisi tempat duduk dan posisi gerbong

  110. Min. Saya dari semarang ke surabaya. Cari ekonomi yg kursi tipe baru 2016. Adakah untuk ruteku? Tq

  111. Min sy dr bandara udara surabaya, stasiun kereta yg paling dekat dr bandaea stasiun apa? Sy tujuan dr surabaya ke paron, dan kereta apa yg paling nyaman, apa eksekutif dpt makan gratis? Menunya enak gk

    • stasiun dekat bandara juanda adalah stasiun sidoarjo. KA Eksekutif tidak dapat makan gratis, menu nya biasa sj

  112. Admin mau tanya,saya rencana mau ke prjalanan sby-jkt naik kereta herona.. Perbedaan ekonomi dan bisnis apa? Kecuali dr segi harga..

  113. mimin..saya butuh recommend buat minggu ini mau ke yogya 2 dewasa 1 infant untuk jalan yang aksesnya mudah ke untuk tempat” wisata dsana saya harus naik kereta apa yah terus turun dimana,,?hellp

    • Sebaiknya turun di stasiun tugu yogya. Stasiun ini dekat Kawasan Malioboro, dekat juga dg rute trans jogya, banyak pilihan penginapan, banyak moda angkutan mulai dari taksi hingga andong. Cari taksi juga gampang.

  114. min,sy mau bw anak2,bdg-semarang naik harina,budget terbatas sih sih,ada saran,bgsnya naik apa kl bawa anak2

    • Kalau bisa naik bisnis, lebih bagus.
      Kalau yg brkt 4 org bisa ambil ekonomi, meskipun berhadapan nggak mslh krn keluarga sendiri

  115. Ma’af saya mau tanya.sy beli tiket ka di minimarket..cetak tiket kapan?satu lagi bika bawa rombongan 100 orang cetak tiketnya jan gak mungkin mau berangkat..banyak bisa berjam-jam..seb.trm kasih

  116. min, mau ke malang dari jogja nih. paling enak naik kereta apa ya? buat 2 dewasa 1 infant nih (2 tahun). trus anak dipangku gitu ya? rencana berangkat malem pas jam tidur anak…helep ya min. makasih

  117. Min mau nanya, kan rencananya itu saya mau liburan ke Bandung rame² bareng tmn², trs rute yg paling efektif buat budget minim itu yg mna ya?, sma klo misalnya ngambil kelas ekonomi kira² nyaman gk?

    Trimakasih min ?

  118. Min aku rencana mau ke malang maret ini Kan bisa dari gambir juga ps. Senen. Klo pakai ekonomi nyaman gak sih katanya kan hadap”an gitu. Trus klo pakai bisnis ada gak. Dan kira” berapa ya.. Soalnya baru pertama pergi jauh pakai kereta

  119. min. mau tanya, kalau kreta matarmaja sama brantas apa bedanya. sy dr pasar senen ke madiun. kalau tmpat duduk berhadapan 2 2 dmana dan kalau mau sholat dimana. trima kasi min

    • matarmaja dan brantas hampir sama. tidak ada tempat khusus untuk sholat. izin sj sama kru, biasanya dipersilahkan di salah satu ruang kru, tp cukup untuk 1 orang.

  120. Min mau tanya , saya kan rencananya mau pulang dr jogja-jatinegara naik argo lawu, argo lawu bagus ga sih?soalnya liat postingan tetangga sebelah review nya kurang puas sama kenyamanannya
    Makasih ?

  121. Min mau tanya saya tanggal 12 mau rencana kemalang dan enaknya naik kreta apa ya? Krn first time bngt liburan naik kereta api. Mnt saran dong min? Nyamananya naik kreta apa?

  122. Min saya mau naik kereta ekonomi dr sby ke jkt lah kalo make gumarang ekonomi paling mahal dan tersisa yg harga 240 sedangkan jayabaya harga 250 paling mahal dan msh sisa byk itu kira2 yg paling enak yg mana ya min dan apakah tempat duduknya sama yaitu berhadapan 3-4 orang?trimakasih infonya min

    • yang enak gumarang, karena rangkaian kereta bersamaan dengan kelas eksekutif dan bisnis, sedangkan jayabaya memang khusus kereta ekonomi.

  123. Min, mau tanya. Perbedaan fasilitas antara KA Gaya Baru Malam sama KA Bengawan apa ya? Sama2 kereta ekonomi PSO kan ya, tapi harganya beda lumayan jauh. Rp 104rb & Rp 74rb. Jam keberangkatan pun hanya terpaut 1 jam, 10.30 & 11.30. Terus KA Progo yg brgkt malam hari juga kenapa jauh lebih mahal ya Rp 125rb. Terima kasih sebelumnya Min.

    • rute yang ditempuh gaya baru malam lebih jauh dibanding bengawan. Gaya baru malam sampai surabaya, sedangkan bengawan sampai solo

      • Kalau KA Progo kenapa lebih mahal dari KA Bengawan Min? Padahal tujuannya lebih jauh Bengawan. Apa karena brgkt malam jadi lebih mahal? Terima kasih sebelumnya Min. Maaf banyak tanya.hehe..

        • banyak faktor yang menyebabkan perbedaan harga selain rute tempuh, misalnya : konfigurasi tempat duduk. ada kereta ekonomi dengan tempat duduk 2-2 dan ada yang 2-3. faktor lainnya, ada kelas2 tiket, juga mempengaruhi harga tiket.

  124. Min .. mau nanya harga tiket KA dr surabaya ke jogja mulai dr harga berapaan yah yg kelas ekonominya ?? Nama stasiun di surabaya kalau mau ke jogja apa yah namanya ?? Terus sampainya di stasiun jogjanya apa yah min ?? ??
    Maaf bnyk nanya soalnya br pertama kali naik kereta dan mau coba naik kereta dr surabaya ke jogja ✌?

    • nama kereta ekonomi surabaya yogya ; logawa, sritanjung
      naik dari stasiun gubeng, harga mulai 74rb, turun di stasiun lempuyangan yogya

  125. Min, Surabaya – Semarang Harina atau Gumarang, yg executive dan Busnis bedanya apa dan dimana nya ?
    Reply

    • eksekutif dan bisnis berbeda dalam hal kondisi tempat duduknya, eksekutif lebih enak dan nyaman untuk tidur

  126. aku mau nanya,
    aku dari clp pengen main ke bali naik kereta, kalo dari cilacap naik kereta apa ? dan rutenya bagai mana itu Pak/Ibu admin ?

    • naik kereta dulu ke banyuwangi, kemudian nyebrang ke bali naik ferry, setelah itu lanjut naik bus.
      kereta yang ke banyuwangi adalah kereta logawa dari purwokerto. silahkan anda ke purwokerto dulu.

    • min, mau tanya sy sering lihat kereta ekonomi dari arah gambir dgn model gerbong terbaru, apa ada yg dari gambir itu kereta ekonomi bknnya dari ps. senin, mohon bantuannya untuk dijwb ya min, terima kasih

      • sekarang ada beberapa perubahan, contohnya KA Argo Parahyangan Gambir – Bandung, dulu selain eksekutif ada bisnis, sekarang yang bisnis diganti ekonomi. Demikian juga cirebon ekspres, dulu ada eksekutif dan bisnis, sekarang yang bisnis diganti ekonomi. Mungkin 2 kereta ini yang anda lihat

    • tidak ada rute kereta dari tasik ke semarang
      perlu diketahui posisi kota tasik di sebelah selatan jawa barat, sedangkan kota semarang di sebelah utara jawa tengah, jadi rute nya terlalu jauh memutar

    • Ente cari kereta tasik ke jogja….trus naek busway ke terminal jombor…lanjutin pake bis ke semarang…kalo ga ya ente ke ban dung naik harina ato ciremai

  127. Admin, sya tidak mau tanya, sy hanya ingin memberi apresiasi adminnya sabar sekali dan membalas segala bentuk pertanyaan dgn jelas dan singkat. Terima kasih informasinya Admin, sukses selalu!

  128. Ka saya mau nanya kalo dari bandung ke jogja enaknya naik kereta ap yg murah buat bareng temen temen? Berapa harganya? Makasih ka

    • kalau mau murah dan banyak barengan, bisa naik kereta ekonomi pasundan atau kahuripan.
      – pasundan berangkat jam 05.20 harga tiket 94rb
      – kahuripan berangkat jam jam 20.00 harga tiket 84rb
      AC dingin, kebersihan terjaga

  129. Bedanya malabar ekonomi sama lodaya malam bisnis apa ya? Sya mau k bandung dr jogja. Harga cuman beda 25rb sih

  130. Min, kalau untuk pembelian tiket melalui minimarket, penukaran tiketnya paling lambat berapa jam sebelum pemberangkatan ya? Makasih

  131. Saya dri jakrta ke gombong n membawa ckup. Bnyak barang pakain n sdkit perabot hitungan nya gimana biar ekonomis, mhon pencerahan nya

  132. Min… Dari stasiun jombang ke stasiun cirebon prujakan pakai kereta ekonomi apa? Dan brapa harga tiketnya?

  133. saya mau tanya kalau kereta api dari yogja ke bandung yg murah dan selesa kereta api jenis apa yang bagus?

  134. Maaf min saya mau nanya.. kalo naik kereta api dari jakarta ke jogja yg cepat, nyaman dan harga tidak terlalu tinggi naik KA apa ya? Soalnya saya pertama kali dan bawa baby.. thanks infonya

  135. Min…niat sy dari Purwokerto mau ke Depok. Enaknya pake kereta apa?misal dr purwokerto ke pasar senen berangkat petang sampe pasar senen dini hari.nah apa ada kreta yg dr pasar senen ke depok dini hari?mksh

  136. Min..info dong klo dari bandung ke semarang lebih nyaman pakai KA harina atau KA ciremai ya?trims min

  137. Min kalo dari bekasi ke bandung ada ga? Dan kereta yg nyaman dan ga begitu mahal ambil yg apa? Dan berapa kalo boleh tau? Makasih min

    • naik kereta parahyangan, yang nyaman ambil eksekutif mulai 100rb, kalau mau murah ambil yg ekonomi harga mulai 80rb

  138. Min kalau dari stasiun Kircon / Bandung pengen ke stasiun Gambir naik Kereta apa? Kalau pakai kelas ekonomi bisa ga, terus ganti2 kereta ga kira2? Baru pertama kali naik kereta dari Bandung ke Jakarta..

    • kalau tujuannya sta gambir sebaiknya ke sta bandung dulu dan naik kereta parahyangan, lebih mudah
      kalau tetap ingin berangkat dari sta kircon bisa naik kereta serayu tujuan sta pasar senen. setelah itu bisa naik KRL yang menuju sta gambir atau naik angkutan lain seperti ojek, bajaj, taksi. Jarak dari sta ps senen ke sta gambir tidak terlalu jauh.

  139. Klo dari stasiun pekalongan ke stasiun bandung ada yg executife gk min..??? Klo distasiun bandung apakah bs di stasiun kiaracondong

  140. Min mau tanya dong kalau dari bandung mau ke yogyakarta naik kereta yang nyaman kereta apa ya ?terus naik dan turun nya di stasiun apa ?terimakasih min mohon dijawab

  141. Admin mau tanya fasilitas buat penyandang difabel ada ga d stasiun gambir?apa bisa d bantu ga naik kereta nya nanti sma petugas?

        • maaf kami tidak mengetahui tentang boleh atau tidaknya kursi roda masuk ke dalam kereta api, sebaiknya langsung ditanyakan ke pt kereta api.
          namun kami yakin hal tersebut bisa sepanjang ukuran kursi roda masih memungkinkan melewati pintu masuk kereta

  142. Min, mau tanya kl bandung Malang pak kereta api yg paling murah brapa ya? Pake kereta apa? Kl turun di Surabaya nanti ganti kereta lbh murah tdk? Terima kasih banyak

    • naik kereta malabar. kalau ke surabaya dulu, setelah itu bisa naik kereta bima, mutiara selatan atau jayabaya

  143. Min mohon info, kalo kereta api Dr Semarang ke Jember ada apa gk??
    Kalo gk ada pastinya ke Surabaya dlu..Milih kereta api apa yg recomended utk kelas bisnis min…Dr Semarang ke SBY..TRIms..

    • kereta langsung semarang – jember tidak ada
      kalau mau ke jember harus lewat sta surabaya gubeng
      dari semarang ke gubeng ada 2 kereta
      1. kereta eksekutif bangunkarta
      2. kereta ekonomi jayabaya

  144. Dear mimin, tolong info KA surabaya-jakarta / jakarta-surabaya yg nyaman & recommended donk, soalnya baru pertama kali naik kereta bawa batita.. trims..

  145. Mau nanya. Apakah di setiap kereta ada gerbong makan ? Apakah setiap penumpang boleh ke sana? Ada peraturan khusus do gerbong makan?

  146. Min,kalau dari stasiun banjar-malang pake KA MALABAR 100 pake ekonomi,kira2 tempat duduknya berhadapan engga yah?

  147. hai minn, mau tanya, kalau saya dari kiaracondong mau ke kutoarjo, ingin naik bisnis yang lodaya malam, posisi duduknya tidak berhadapan kan min? lalu,saya punya app kai access, apa bisa pilih tempat duduk ya? setiap kali saya ke kutoarjo, naik kutojaya selatan, dan pesan di alf**art itu selalu ditempatkan di dekat wc, sungguh sangat tidak nyaman, memang, kalau ingin nyaman pilih bisnis dan eksekutif, nah apa kalau pesan lewat app sendiri lewat smartphone bisa pilih seat? saya juga pernah beli tiket dadakan lewat delima, yang kita ketik sendiri itu, disitu enak banget minnn, bisa pilih kursi, dan saya selalu dapat diskon, kalau boleh tau apa dari delima bisa di pesan jauh jauh hari? dan apa delima punya websitenya? dan setau saya delima adanya di stasiun, apa ada di tempat lain?

    terimakasiih, mohon jawabannya??

    • kereta bisnis duduknya tidak berhadapan, kalau pun didapati berhadapan kursi bisa diubah dengan cara menarik sandarannya ke arah depan atau belakang

  148. Min Mau Nanya kalo naik kereta logawa ekonomi c, itu tempat duduknya adep2an yah? Trs kl kursinya diisi brp orang?

  149. Min mau nanya, kalau mau ke jogja via malang tiket ny kna hrg brp ya per kelas nya?? Dan saya mau bwa balita jd rekomendasi nya kereta apa dan lwt stasiun mana??

  150. Sayaa dr stasiun psar turi mau ke cepu naik gumarang yg ekonomi subclass S dg hrga 135k, kira2 saya mendapat no sit atau berebut tempt dudk min?

  151. Min kalo mau ke bandung dari stasiun pekalongan pakai kereta apa yaa ? Terus berapa ? Kalo pesan lewat aplikasi kaya p*gi p*gi gitu aman ga yaa ?? Thxyuu

  152. Maf min mau tanya,saya pernah ngalamin beli tiket 2 tapi beda hari tujuan sama hari berangkat sama kereta sama, tapi harga nya berbeda..
    Bisa bantu jelasin ga min..
    Masalah sebelum nya

    • rute solo – jakarta, kereta senja utama solo akan berhenti di stasiun bekasi
      sebaliknya jakarta – solo tidak berhenti di stasiun bekasi

  153. Ohh jadi kalau dari jogja menuju palmerah harus transit ke jatinegara dulu ya min gak bisa langsung gtu

  154. min kalo dari surabaya ke solo naik kreta eksekutif/bisnis apa y? jm brapa aja & brp jam? turunnya dmana? brapa rp?

  155. Min kalau naik senja utama yogya yg bisnis b isa turun di stasiun bekasi nggak????trus kalau plg nya naik dr stasiun bekasi bisa nggak????

  156. Min, kalo dari Banjar – Malang (KA Malabar) tiket eksekutif, bisnis, ekonomi kisaran berapa ya harganya ?

  157. Min ni mau tanya … saya mau naik kereta api gambir malang eksekutif … apa kursinya bisa di puter beradapan ya … karna saya sama anak ansk.kecil ni

  158. Butuh saran. Kalo misalkan dari stasiun pasar turi surabaya, drngan tujuan bogir, baiknya naik kereta apa? Berhenti dimana?

        • kalau mau turun di sta tugu, naik kereta bisnis saja, senja utama yogya atau fajar utama yogya atau senja utama solo.
          kereta ekonomi dari jakarta ke yogya, hanya lewat saja / tidak berhenti di stasiun tugu. kalau sudah terlanjur naik ekonomi, dari sta lempuyangan naik kereta lokal ke sta tugu, spt kereta prameks atau madiun jaya, cuma rp.8.000

  159. Good morning min,,,
    mau tanya kalau dari jogja menuju stasiun palmerah naik kereta apa? Di stasiun mana?
    Berapa jam perjalanan dan tarif/ satu penumpang berapa ya?
    thank

  160. Min mau nanya, kalau naik kereta majapahit st kediri – ps senen kira kira saya bisa turun di st jatinegara ga?

  161. Oia min, sekarang kan kreta api eks, bisnis dan ekonomi jadi satu. Jdi klo msalah jarak tempuh smuanya sama.
    Mksud vini maen ksini tjuan nyari perbedaan yg trnyta gak vini dapetin, sebab vini kira klo ekskutif dapat free mkan dan minum. Trnyta kgak ya..
    Klo msalah jadwal dan hrga tiket smua bisa cek tuh lengkap di situs resmi pt.kai
    Mkasih mas mimin inponya..

  162. Permisi min, mau tanya ni kalau dari jogja menuju kebon jeruk jakarta barat paling murah naik kereta apa?
    Naik dari stasiun tugu atau lempuyangan?
    Jarak tempuh berapa jam?
    Harga tiket berapa?
    Trimakasïh

  163. min mf mau tany,,saya baru pertama kali mau naik kreta,,kl dr kiaracondong ke kebumen naik kereta api apa namanya? jadwal ny jam brp aja?trs harga tiket untuk kelas bisnis brp? trs turunnya d st. apa?

    • min…kami pertama kali ke surabaya.1.klu dari surabaya ke yogyakarta naik KA apa biar turunx d st.tugu yogyakarta.
      2.apa nama stasiunnya disurabaya tmpat kami naik KA?
      3.klu anak usia 2,5 tahun bisa dipangku aja & gk usah dibelikan tiket?
      4.harga tiketx brapa bisnis & eksekutif?
      5.dewasa 6 orang, tp setiap pesan tiket pasti maks.4 orang. carax gmana biar pesan untuk 6 org?
      trimakasih infox…maaf bnyak tanya??

      • 1. naik kereta bisnis atau eksekutif
        2. stasiun gubeng
        3. bisa dipangku
        4. silahkan cek harga di sini
        5. maksimal 4 orang untuk setiap booking

  164. Min mau tanya kalau kereta lodaya jurusan tasik-jogja yg bisnis itu seatnya gmn? Berhadapan atau searah? Sama ga dg ekonomi?

  165. Min mau tanya, maaf baru pertama kali mau naik kereta. Kalau dari stasiun pekalongan ke jakarta, waktu tempuhnya berapa jam untuk kelas ekonomi dan bisnis ? Makasih min

  166. Min mau tanya, kalo rute dari bogor ke solobalapan kita harus kemana dulu ya? Terus harga tiket nya berapa min?

  167. Min mau tanya.. Kalo saya pesen tiketnya jurusan stasiun purwokerto ke pasarsenen , tapi saya mau turun di stasiun kiaracondong bandung , apa bisa min?

  168. Maaf min. Baru pertama kali mau naik kereta nih.
    Cari via online pilihan exekutifnya gini loh.
    Exekutif (A)
    Exekutif (J)
    Begitu min dan masih banyak lagi.
    Maksudnya apa ya min kalo boleh tau ada huruf hurufnya gitu. Apakah ada perbedaan pasilitas atau bagaimana? Mohon jawabannya. Terimakasih

    • itu namanya subclass. di kelas ekskutif ada 4 : A, J, I dan H
      subclass J, I dan H biasanya terletak di kereta paling depan dengan harga yang lebih rendah
      subclass A di bagian tengah hingga ke belakang, harga lebih tinggi dari subclass yang lain.
      kenapa di tengah? karena kurang terasa hentakannya.
      kenapa di belakang? mungkin karena lebih aman dan nyaman.

  169. Min, mau nanya nih.. posisi tempat duduk untuk kereta Argo Parahyangan yang ekonomi ac sama eksekutif kyk gmn ya? 2-2 ato 3-3 trs berhadapan ato searah? Makasih

  170. Min, aku kebetulan dapat tiket promo (kelas X) kereta api gumarang tapi aku dan temanku pisah tempat duduk alias ga sebelahan. Padahal kl beli tiket harga normal bisa sebelahan. Apakah aku bisa request ganti nomor tempat duduk di loket stasiun terdekat agar aku sama temenku bisa duduk sebelahan?

  171. mau tanya nie min q dari solo mau k bandung q bwa anak usia 3thn mau naik krt ekonomi apakah yg ekonomi smua pnumpng bisa du2k / msih ad yg brdiri krna klau brdri ksian anak msh kcil
    trus untuk biaya kira2 brp ea dari solo k bandung
    trus untuk anak usia 3thn ap sdah byar

    • semua kereta sekarang tidak boleh berdiri, kecuali kereta lokal jarak dekat.
      anak usia 3 th kalau ngambil tempat, juga bayar

  172. Min,
    Kalo Saya beli ticket Executive A trus dapet seat di Eks. 1 artinya gerbong 1 ya? Trus posisi gerbong nya itu sendiri dimana tuh jelas nya? Kalo gerbong yang deket Saat mau turun di Sta.Gambir pilih gerbong berapa? Thanks

    • eks 1 = gerbong 1. posisinya biasanya urut dari loko – rg mesin pembangkit – gerbong 1, 2, 3, dst. Terkadang sebaliknya

  173. Min mau nanya karena aku baru kali pertama naik kereta api dari semarang, kalau naik kereta tawang jaya yang berangkat jam 14,00 dari stasiun poncol, apakah aku harus naik dari stasiun poncol dulu sementara aku berada di dekat stasiun tawang.

  174. Slm siang..sya mau tanya,klo naik kereta api ekonomi jurusan jkrta jogja itu nma KA nya apa,dri stsiun gmbir bisa gk naiknya..hrga nya jg brp yah?tq

    • untuk kereta ekonomi, naik dari stasiun pasar senen.
      tujuan yogya tugu bisa naik Gajahwong, Bogowonto tarif tiket mulai 145rb
      tujuan yogya lempunyangan bisa naik gaya baru malam, bengawan, jaka tingkir, krakatau dan progo, tarif tiket mulai 74rb

  175. Min, mau nanya nih.. posisi tempat duduk untuk kereta mutiara selatan kyk gmn ya? 2-2 ato 3-3 trs berhadapan ato searah? Makasih 🙂

  176. Min, mau tanya, untuk semua class, biasanya kita bisa request atau nentuin tmpt duduk ga pd saat pemesanan tiket dgn jumlah lebih dr satu? Contoh nya kalau kita pesan tiket untuk keluarga yg jumlah nya 5 org, tp pengen duduk ya berdekatan dalam satu gerbong, soalnya saya pernah begitu pesan tiket di kelas bisnis untuk 5 org, duduk nya mencar jauh bahkan sampai beda gerbong, saya belum ngerti wktu itu

  177. Min, kalo jakarta – yogya naik kereta ekonomi ac nyaman gak untuk anak balita umur 2,5 tahun? Enaknya naik yg jam berapa? Turunnya di stasiun apa? Harga tiketnya berapa? Kereta ekonomi ac itu bekas kereta fajar/senja utama bisnis ya? Terimakasih.

    • enak atau tidaknya naik kereta ekonomi tergantung penumpangnya, meskipun bawa bayi.
      Walaupun sebenarnya kelas bisnis lebih enak dari pada ekonomi dan kelas eksekutif lebih enak dari kelas bisnis.
      Jadi, kami sarankan kalau bawa bayi pilih yg bisnis atau eksekutif sekalian.

  178. Min, mau nanya.. Kalo denah tempat duduk KA senja utama solo sama bogowonto apa bedanya yah?
    Makasih..

    • KA Senja Utama Solo adalah kereta bisnis, arah duduk searah
      sedangkan KA Bogowonto adalah kereta ekonomi, arah duduk berhadapan

  179. Selamat Siang, mau tanya.. Kalau dari st. Banjar ke Blitar naik kelas bisnis, berapa harga dan nama KA-nya apa? Makasih..

  180. sayang sekali kelas bisnis untuk cireks sudah tidak ada..biasa naik bisnis dengan hrga menengah skrg hrs naik eksekutif jika ingin nyaman duduk 22 dan tidak berhadapan..

    • ya, benar. kelas bisnis diubah menjadi kelas ekonomi.
      sepertinya menjadi rencana PT KAI nanti hanya ada kelas eksekutif dan kelas ekonomi

  181. Min sy kan baru pertama kali naik kereta yg tujuan jauh ya, nah fasilitas yg disediakan dikereta api jaka tingkir 156 tujuan purwosari solo apa saja ya? Tks

  182. Dear admin, apa benar sancaka bisnis diubah menjadi ekonomi AC plus , dan apakah tempat duduk jg berubah menjadi berhadapan?

  183. tempat mandi sekitar stasiun tawang dimana ya?
    atau adakah fasilitas kamar mandi di stasiun tawang?
    terima kasih

  184. Min..saya mau booking tiket di indomart. Dr klaten ke bekasi. Itu kalo nge print tiket di st.bekasi bisa ga ya… Tks sukses sll

  185. Min, kalau dari stasiun babakan menuju ke jatinegara itu yang eksekutif kisaran berapa harganya ?

  186. Tolong tanya, kelas ekonomi harina atau gumarang surabaya – semarang apa tempat duduknya berhadap-hadapan antar penumpang ?

    terima kasih

  187. Selamat malam Min, untuk bulan ini harga tiket Sancaka pagi Solo-Surabaya, ekskutif, bisnis, ekonomi berapa, trimakasih

  188. mau tanya dong kalau surabaya ke jakarta naik kereta apa ya yg deket sma jakarta pusat . trus yg harga lebih hemat min ? thanx

    • perbedaan bisnis dan eksekutif:
      1. tempat duduk eksekutif lebih nyaman dibandingkan bisnis
      2. AC eksekutif lebih dingin dibandingkan bisnis

  189. Permisi min mau nanya. Kalo kereta dr sby-jogja untuj kelas bisnis bagusnya naik kereta apa? Soalnya sy baru pertama kali mau naik kereta. Tolong rekomendasikan yg min.

    • pakai kereta lokal saja; kereta lokal cikampek dan kereta lokal purwakarta
      dari cikampek 05.58 04.30 05.10 14.25 16.15
      harga tiket rp.5.000
      tapi tidak bisa pesan di sini

  190. Dear bisa infokan kondisi kereta api eksekutif dan bisnis,ciremai ekspress bandung-cirebon. Karena mau pertama kali coba bawa baby. Thanks

    • kereta ciremai ekspress termasuk kereta baru, kondisinya tentu bagus. mau lebih bagus lagi ambil yang eksekutif

  191. Min klw dari Gambir ke Malang brpa jam ya terus saya mau beli tiket kereta api tapi pengen yg bisnis gimna cara nya ya min???

  192. numpang nanya dari semarang mau ke cikampek, sebaiknya naik kereta api apa, jam berapa berangkat dari semarang dan berapa tiketnya untuk yang eksekutif dan berapa yang bisnis ?

    • krt ciremai express jam 17.35, tarif ekse 200rb s/d 260rb, bisnis 120rb s/d 160rb
      krt harina jam 20.43, tariff ekse 295rb s/d 360rb, bisnis 150rb s/d 260rb

  193. Min mau nanya, kalo mau beli tiket kereta api dr bumiayu ke bekasi harus pesen dulu apa ga? Trs saya bwa anak usia 6bulan, itu udh terhitung tiket apa ga? Trs naiknya kereta apa ya? Maksih

    • Bumiayu – bekasi bisa naik kereta : krakatau, kutojaya utara, gaya baru malam, sawunggalih malam, gajahwong, jaka tingkir.
      Harus pesan dulu. Bayi 6 bulan, tidak kena biaya

  194. Min mau tanya klau dr stasiun gambir mau ke surabaya naik ka eksekutif apa nm ka nya trus berangkatnya jam brp aja n ongkosnya brp

  195. Mau numpang tanya.. ini kan saya ke bandung naik kereta mutiara selatan..
    Dengan pembelian tiket bisnis gerbong 1 .. tetapi tempat gerbong 1 malah dapat nya kereta ekonomi? Bagaimana hal yang bisa d lakukan? Mendapat ganti rugi kah? Atau seperti apa ? Kalau iya bagaimana caranya?

  196. Maaf Min Mau Nanya Bnyak,sukur2 dijawab semua…
    Ane dari cirebon mau ke Bali Naik KA,tpi maunya Make KA yg Bisnis..
    Klo naik KA ekonomi ane tau jalurnya.. dari Cirebon(Prujakan -Lumpuyangan)Yogya Naik KA Bengawan Dari Yogya(Lempuyangan – Banyuwangi Baru) Naik KA Sri Tanjung CMIIW…

    nah yg ane Mau tanyakan..
    Ane Mau Nyoba Naik KA kelas Bisnis,nah KA apa aja yg Ane Rutenya dari Cirebon Menuju Banyuwangi Ntar tinggl nyebrang aja pke Ferry..
    Makasih min klo mau bantu jawab,atay ada yg lain ngasih masukan

    • dari Surabaya Gubeng ada kereta bisnis ke Banyuwangi, yaitu KA Mutiara Timur
      Jadi, silahkan pilih kereta dari Cirebon ke Surabaya Gubeng.
      Bisa menggunakan KA Senja Utama Yogya, kemudian naik kereta Sancaka menuju Gubeng atau bisa naik kereta Gumarang atau Harina ke Surabaya Pasar Turi, kemudian naik taksi/ojek/angkot/komuter menuju stasiun Gubeng

  197. Terima kasih sebelumnya, saya mau tanya kalo dari jakarta ke blitar adanya kereta apa saja min?

  198. I see interesting posts here. Your blog can go viral easily, you need some initial traffic only, you should search for; Bushano’s traffic sources

    • Tidak ada rute kereta semarang – cianjur.
      Semarang – gambir, semarang jatinegara dulu, baru cari kereta ke cianjur

  199. Min tanya dunk.. Kalau beli tiket via online app nah itu udah diprint kalau jadwal kretanya itu malam jam 11 jam 9 dituker diloket bisa ga..

  200. Numpang tanya min, rencana dari solo, mau ke RS JHC, matraman, dg istri & anak usia 3 th & 1.5th. Rekomendasi naek kereta apa ya..maaf dg pertimbangan dana yg terbatas tp kereta yg cukup nyaman utk anak2 sy..

  201. min, kalau dari stasiun gubeng surabaya mau ke madiun kereta ekonomu yg paling recomended apa ya? thx

  202. Mau nanya, kalau kereta ke bali rekomen ngga? Dan dr stasiun banyuwangibaru, menyeberangnya gimana? Tq

  203. Mau tanha donk admin, kalau dari gambir tujuan ke stasiun pasar turi surabaya. Paling cepat&nyaman naik kereta Sembrani atau Argo anggrek??

  204. Min mohon dijawab.ka malabar executive harganya beda2 itu bedanya apa dn kenapa.sy mau k kediri bawa 2 anak.klo usia 1th byr ga

    • 1. harga tiket kereta beda-2 karena : posisi kursi dan jauh-dekatnya menuju
      2. penumpang balita maks 3 th yg tidak mengambil tempat duduk tidak dikenakan biaya tiket.

  205. Min.. mau tanya kalau naik kerta api bisnis dari surbaya ke bandung. stasiun yang paling deket sama jalan kopo Bandung . stasiun apa yaa ?

  206. Slmt siang pak/ibu admin,minta info,,saya berangkat dr stasiun pasar turi,,kalau ke arah jakarta selatan(daerah ragunan),,paling dekat stasiun apa ya?dan kereta apa saja yg direkomensasi?trm ksh

  207. Saya Rony, akhir bulan ini akan melakukan perjalanan ke jakarta dengan menggunakan jasa angkutan kereta api. Rumah saya Lamongan & Tujuan saya mengantar istri ke UI.
    Kami akan berangkat dr stasiun Lamongan Jawa timur.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    #Butuh berapa kali oper ( pindah kereta ) untuk sampai di stasiun UI ?
    #Sebaiknya saya naik kereta apa & turun dimana ? Apakah di pasar senin atau stasiun lainnya ?
    Trima kasih

  208. Mau tanya kalau dari jogja ke malang naik kereta ekonomi apakah bisa langsung sampai distasiun malangnya?atau harus ganti kreta lagi?

  209. saya skrg di cirebon mau ke jkt tgl 11 dr arjawinangun ke ps. senen atau gambir tp kata bibi saya arjawinangun gk bs buat naik karena itu stasiun transit. apa bnr ya?

    • maaf terlambat menjawab pertanyaan
      bisa berangkat dari stasiun arjawinangun untuk kereta tegal bahari

  210. Aku mw booking tiket buat bsk k Jkt tp by online ko ga bisa yaa??
    Klo pembelian langsung di stasiun ada batas waktu nya ga??

  211. Min mau tanya kereta dari mojokerto solo dan solo mojokerto yg bisnis dan ekonomi apa saja ya ?

  212. Min mau tnya. Selimut dlm KA excecutif boleh d bw pulanh gak??? Mklum br pertama naik excecutif. Hehehe

  213. Saya mau naik kereta api dari Bandung ke Solo, dengan Lodaya Malam. Apakah perbedaan tiket eksekutif dan bisnis? Terima kasih

  214. Mf saya blum pernah naik kreta jarak jauh, yg trhormat admin saya minta informasi kereta apa jurusan tasikmalaya- malang, berapa hrga tiket ekonomi dan eksekutif dan jam berapa brangktnya

  215. Saya liat foto di gogle kereta ekonomi ac ada kursi yg 2-2 tdk berhadapan. Klu jurusan jkt-sby kereta apa?

  216. Min mau tanya..kl klas eksekutif tmpat duduknya saling berhadapan dngn penumpang lain gk…kya ekonomi…kn gk enk kl duduk mmblakangi lokomotif..perjlnn kya mundur…

  217. Nanya min kl kreta argo dwipangga posisi tmpt duduknya ke depan semua apa enggak..kan ada kreta duduknya memblakangi lokomotif kaya klas ekonomi

  218. Maaf min sy mau tanya,sy kebetulan dpt tiket kertaja ps turi-ps senen jm 21.00 ekonomi,ada perbedaan gerbong atau tempat duduk gak?soalnya kok harganya murah.maklum baru pertama kali naik.

  219. Min tanya dong aku kan mau ke jogja dari sby gubeng ke st. Tugu jogja.. Q pesan tiketx online.. Trs q mw pesan tiket utk pulangx dr jogja ke sby apa boleh q online juga dan cetak mandirix d gubeng? Jd niatx q mw cetak mandirix di gubeng pulang pergix. Bs g min?

  220. admin yg terhormat,sya mau tanya,sya mau melakukan perjalanan dri jogja ke jakrta menggunakan kereta api taksaka pagi,sya mendapatkan nmer tempat duduk 13B,itu posisinya di depan apa belakang ya?

  221. Min, kalo class bisnis dari ps senen tujuan jogja, bisa turun di stasiun tugu ga ya? Atau turun di lempuyungan?

  222. kak admin, kalau kereta api senja utama yogya pasar senen. (eks) bangkunya berhadapan atau engga ya kak?

  223. Min mau nanya yang dimaksud subclass A, B, C dsbnya itu apa ya? Untuk di bisnis kemiringan bangku bs diatur? Tq

    • subclass maksudnya untuk membedakan harga dan posisi tempat duduk. semakin nyaman tempatnya semakin mahal.
      di kereta bisnis tidak bisa atur kemiringan bangku

  224. Di stasiun Purwakarta adakah kereta bisnis/executive yg berhenti (naik penumpang) jurusan mana ?

  225. Admin mo tanya klo kereta lodaya kelas eksekutif posisi duduknya bisa berhadapan seperti kelas bisnis .. makasih ..

  226. Min harga tiket kelas eko/bisnis/eksekutif untuk bekasi-pekalongan brp ya min? Masih ada yg kosong ga untuk senin tgl 13 juni min? Kira2 transit2 dulu ga min.. bru peryama kali nih min jd masih bingung .. tolong dijawab ya min, makasih 🙂

  227. Min mau tanya,kalau kreta executiv argo muria 13 clas j,kala yg jam 16:00-21:34,kira kira ada pemberhentian di bekasi tidak?soalnya saya mau turun di bekasi?

    • kalau sesuai jadwal PT KAI kereta berhenti di bekasi untuk rute yg dari semarang, kalau rute dari jakarta menuju semarang, tidak berhenti di bekasi.
      silahkan lihat jadwal di sini

  228. Saya dr sby mau ke jogya naik sancaka bisnis class o,apakah keretanya ber ac,di sana apa bisa saya turun stasiun tugu

  229. Saya dr sby mau ke jogya naik sancaka bisnis class o,apakah keretanya ber ac,di sana bisa turun stasiun tugu

  230. Mau tny klo saya st.purwosari solo Mau turun di st.bekasi.Ada kereta siang/pagi yg nyaman n enak gak??krn saya bawa Anak 1 th.gmn?

  231. Mau tanya kalo dari bandung ke malang naik yg kelas eksekutif apa ? Dan sebaiknyanya dari stasiun mana ?

  232. Min kalo beli tiket kereta di websitenya PT.KAI bakal ada promo gak?
    beli tiket nya mending di situs agent travel atau langsung ke web nya PT.KAI ?

  233. Admin aku mau tanya bagaimana dengan fasilitas kamar mandi nya ? Apakah nyaman eksekutif , bisnis . kan kalau ekonomi biasa saja . tapi kalau eks & bis gimana ? Makasih admin tolong bales cepat yah …….

    • kamar mandi nggak ada, kalau toilet ada.
      yang paling bagus tentunya eksekutif. yg bisnis dan ekonomi hampir sama

  234. Min mau tnya, kan baru prtma ke sby
    Kl dari solo enaknya naik kreta apa ya yg jm pagi? Trus tmpat duduknya yg bisa di stel hadapannya yg apa ya

  235. punten min saya mau nanya,,saya mau berangkat dari jakarta mnuju jember,,nah kan harus transit di surabaya kan min,,nah dari surabaya ke jember apa lama ya min nunggu keretanya?makasih admin,,mohon maaf karnabaru pertama yg transit min

    • Kl ingin ke jember, sebaiknya cari kereta yg turun di stasiun gubeng. Dari stasiun ini lh ada krt menuju jember. Lama atau tidaknya tergantung tiket kereta yg dipilih

  236. min kalo semarang surabaya yg bisnia seatnya kayak gmn ya?apa bs reclining? atau tegak? thanks

  237. Admin mau nanya, saya ingin berangkat kesolo dari stasiun ps.senen, harga kereta bengawan 76000 sedangkan kereta gaya baru malam 106000. Perbedaannya dari kedua kereta trsbt apa ya soalnya dari segi harga perbedaannya cukup lumayan

    • adanya perbedaan harga, karena beda rute yang dilalui
      Bengawan sampai solo saja, sedangkan gaya baru malam sampai Surabaya

  238. Gan, mau tanya….kalo ke jakarta jogja, kereta ekonomi yg lumayan bagus apa ya? Terima kasih.

    • kereta progro, bowogonto, krakatau lumayan bagus. kalau mau turun di st tugu naik bogowonto, krt ekonomi lainnya turun di st lempuyangan yogya

  239. info dong admin. klo dr gambir ke gombong naek kreta apa ya klo yang executive? jam keberangkatan Nya berapa Aja? terimakasih sebelumnya

  240. KA eksekutif hrus naik Dr stasiun Gambir ya, gmn klo naik dr stasiun Senen ada tidak? Tujuan tawang semarang ke senen jakarta. Thanks.

    • Kereta eksekutif yang di Stasiun Senen adalah KA Gumarang. Kereta ini memiliki gerbong campuran kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi

  241. Comment in mau tanya saya beli tiket ka bima jakarta purwokerto dapetnya gerbong 1,, yg di maksud gerbong 1 itu belakang lokomotif apa gerbong paling belakang yah… Malum baru mau naik kereta,,,

    • Posisinya ga mesti, terkadang 2 gerbong dari loko, dan juga terkadang 2 gerbong dari belakang

  242. Min mau naya klw KA cirebon jember jawa timur ada tdak..dan harus naik KA apa.soal nya bawa beby. Umur 2 bln

    • kereta langsung tidak ada.
      harus estafet ke surabaya gubeng dulu, kemudian naik kereta tujuan jember.
      atau bisa ke purwokerto dulu, kemudian naik kereta ekonomi Logawa tujuan Jember.
      atau alternatif lain naik kereta dari cirebon ke stasiun Lempuyangan Yogya, kemudian naik kereta sri tanjung tujuan Jember

  243. Pak,tlg tny rute sby-solo-sby tgl 5-6mei apa msh ada seat nya?ada kelas apa aja dan hrgnya brp?trimakasih

  244. mau tanya, saya rencana hari senin ke bogor (dari stasiun mojokerto) tapi di jadwalnya tidak tersedia. Adakah alternatif jalur lain?

    • mojokerto – bogor memang ga ada relasi rute kereta api.
      Kalau mau dari mojokerto – jakarta, setelah itu lanjut KRL ke Bogor

    • ada KA Gumarang, kereta ini memiliki klas eksekutif, bisnis dan ekonomi. Berangkat dari stasiun pasar senen pukul 15.45
      kalau kereta khusus eksekutif tidak ada

  245. Min. Sya mw tya klw dri purwokerto k senen.berangkat pagi. Jam 10 Tgl 20 april kereta bisnis d g min. Trus hrgay brapa

  246. Min..
    Klo statiun psar snen ke jenar ada kereta bisnis.ny klo ada cara pemesananny gmna.. Trus kok aq klo booking online cma ada ekonomi doank ya. Maklum aq jrg bgt pulkam.. Mau pulkam naek kreta yg nyaman..

  247. Min dari stasiun Tugu ke stasiun Bandung, kereta Lodaya Pagi urutannya gimana ya? Yang terdepan tuh bisnis 1 atau bisnis 4?

  248. Min..saya mau tanya saya pesan sancaka sore bisnis (B) itu kira2 posisi gerbong nomer berapa ya min? Kok katanya tengah belakang hampir sama seperti yg eksekutif. Maklum min baru Ngehh ada subclass gini biasanya naik ekonomi. Hehehe

    • bisnis B itu memang termasuk sub kelas bisnis kategori mahal. wajar kalau gerbongnya dekat eksekutif

    • bedanya pada posisi gerbong. semakin dekat posisi gerbong dengan ruang tunggu keberangkatan/kedatangan harga tiket lebih mahal dari pada yang lebih jauh.

  249. Mau nanya min klw dari jogja ke bandung kelas bisnis atau eksekutif tgl 3 mei malam trs sampenya tgl 4 mei pagi kira2 pakai KA apa ya? Trs hrganya brp? Mksh min

    • beda kereta bisnis dengan ekonomi diantaranya yang nyata sekali adalah kondisi kursinya.
      kursi bisnis menghadap 1 arah seperti dalam bus, dan bisa diubah menghadap berlawanan
      kursi ekonomi saling berhadapan, baris 1 berhadapan dengan baris 2, 3 berhadapan dengan 4, dst…

  250. Maaf min numpang nanya,,,, saya besok rencana mau ke jember, saya mau naik KA ekonomi saja,kira² hargax berapa &KA apa?

  251. Min, mau tanya. Apa beda fasilitas KA ekonomi harina sma KA ekonomi pasundan? Cz harganya kok beda jauh y. Mksih

  252. Mlm min,,maaf mau nny,,rencna besok saya mau pesan tiket jakarta surabaya,, pengen yg naik exc biar lbih nyaman soalny perjalanan jauhh,,dr surabaya mau nymbung ke banyuwangi,,enakny naik kereta apa dan keberangkatan jam brpa,,? Terimakasihh

    • surabaya gubeng – banyuwangi bisa naik Mutiara Timur Siang jam 09.00 atau Malam jam 22.00, tarif tiket eks 150rb

  253. Min mau tny utk kereta ekonomi jurusan jakarta malang yg pakai ac central (bkn ac rumahan) nama keretanya apa ya?
    Dan yg paling nyaman kreta ekonomi apa?
    Trus kalau utk kereta bisnis ada ga yg rute jkt malang? Kalau ada di st mana?
    Thx..

    • kereta ekonomi jkt ps senen – malang : jayabaya, majapahit, matarmaja
      apakah ac central/ac split? kami ga tau persis nama kereta nya
      ga ada kereta bisnis

  254. Misi min numpang nanya,
    Saya rencana lebaran mau mudik dr gambir ke solo balapan dengan argo dwipangga. 2 dewasa 1 baby sekitar 2 bulan.
    Minta rekomendasi untuk kursi nya dong baiknya ambil gerbong apa dan nomer berapa ya min?

    • rekomendasi : pilih kursi di tengah, sekitar no 5,6,7,8 dan 9. Kalau kursi ujung terlalu goyang, lebih berisik jika pintu bordes terbuka, dan aroma toilet terkadang tercium.

  255. Min mau nanya emng bnr iya hrga tiket ka eksekutif per gerbong nya beda2.klo bener apa yg membedakan nya iya.thx

    • ya, benar ada perbedaan harga. tergantung posisi gerbong dan pencapaian dari ruang tunggu. makin jauh dari ruang tunggu harganya makin murah. sebaliknya jika dekat dengan ruang tunggu harga lebih mahal.

  256. Artikelnya sangat menarik dan informasi yang diberikan sangat bermanfaat. Saya mau tanya gan, interior KA Argo seperti Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Sindoro, dan KA yang seluruh rangkaiannya kelas eksekutif seperti KA Sembrani, KA Bima..perbedaan interior masing-masing KA yang saya sebutkan tadi seperti apa? Jika ada dokumentasi berupa foto atau video bisa disertakan. Terima kasih.

  257. Om Admin mo nanya, kl dari gambir kereta executive antara argo lawu, argi dwipangga dan Bima, mana yg paling nyaman yah?…
    thx you…

  258. Min mau nanya, kalo mau berangkat dari semarang tawang-pasar senen K.A kelas eksekutif pukul berapa ya? Kereta apa?

    • kereta eksekutif semarang tawang ke pasar senen : naik KA Gumarang, berangkat pukul 20:05
      KA Gumarang merupakan kereta campuran eksekutif dan ekonomi

  259. Min mau tanya, kalau mau naik kereta malam dari Solo ke Bandung yg eksekutif selain Lodaya ada apa saja ? Terima kasih

  260. Siang min,,boleh minta info..
    saya Dan motor matic saya rencananya minggu depan mau pulang ke Jakarta dari lombok,kira2 berapa biaya gerbong kendaraan dari stasiun Surabaya to Jakarta untuk motor matic saya? terima kasih.

  261. Maaf admin mau nanya, klo kreta api dri kebumen-cirebon yg siang ada gx? Harga tiketnya berapa?
    terimakasih

    • kebumen – cirebon kejaksan siang bisa naik KA Krakatau
      kebumen – cirebon prujakan siang bisa naik KA Bogowonto
      harga +/- 165 rb

  262. Admin…
    Tanya dong, dlm waktu dekat ini saya mau bepergian ke caruban. Yang mau saya tanyakan apakah ada kereta api dari surabaya yang langsung turun di stasiun caruban??
    Kalo ada untuk kelas bisnis maupun kelas eksekutif harga tiketnya berapa ya?? Dan nama kereta nya apa ya??
    Trims..

    • kereta api dari sta surabaya gubeng menuju sta caruban :
      1. KA Bangunkarta [eksekutif]
      2. Pasundan [ekonomi]
      3. Logawa [ekonomi]
      4. Sri Tanjung [ekonomi]

      tarif kereta ekonomi mulai 80rb, eksekutif mulai 300rb

  263. Min,saya mau tanya memang betulkah kereta kelas bisnis katanya akan dihapus?dan alasannya.makasih

    • memang benar ada rencana penghapusan kereta bisnis
      idenya sudah ada tahun 2010, dan resmi dinyatakan pemerintah tahun 2014
      alasannya mungkin lebih ditekankan pada managemen.

  264. Om Admin numpang nanya,,,,,,saya plan mudik nanti naik kereta eksekutif dr jakarta ke surabaya,,,,,,dg 3 org yaitu saya,istri dan anak 1 usia 3 thn. Masalahnya anak gk pernah mau duduk sendiri dan selalu minta pangku. Yang mau saya tanyakan apakah dibolehkan pesan tiket 2 saja sedangkan nanti dlm kereta,anak saya pangku aja…..?

    • Berikut regulasi PT KAI :
      anak usia 3 tahun atau lebih berlaku tarif dewasa pada semua kelas pelayanan

    • KA Purwojaya adalah kereta api gabungan 2 kelas yaitu eksekutif dan ekonomi.
      Jika eksekutif dapat selimut gratis.

        • Benar pak sugeng,
          jika dalam 1 rangkaian kereta api terdapat kls eksekutif dan ekonomi atau eksekutif dan bisnis, maka waktu tempuh dan tiba di tujuan sama. Bedanya :
          – kualitas kursi
          – selimut
          – posisi gerbong
          – gordin jendela
          – kerapian dan kebersihan

  265. maaf mau tanya, kalau dari bandung ke yogyakarta yg bisnis turunnya di mana ya? klo misalkan dari stasiun yogyakarta ke slema jauh ga ya?

    • kereta bisnis bandung yogya, turun di sta tugu yogya
      dari sta tugu menuju sleman, jauh dekatnya tergantung alamatnya di mana

      • Mf aku dr sbya mau k malang tgl 19 ini, hrga tiket brpa ya
        Dan adanya d stasiun mana saja untk kbrangkatan 19 maret ini
        Mohon bantuannya

        • Dari Surabaya ke Malang bisa naik kereta dari Stasiun Gubeng
          Tarif :
          Eksekutif 40 ribu, KA BIMA, untuk 19 Maret ketersediaan seat hampir habis
          ekonomi 30 ribu, KA JAYABAYA, untuk 19 Maret ketersedian seat masih banyak

  266. Min mau tanya kalo dari jakarta ke bandung itu nanti dr stasiun mana ya? Gambir atau ps.senen? Thq

  267. Min…mau nanya sy mau perjalanan dr jogja ke mlng naik malioboro ekspress exe. Saya bawa anak saya umur 17 bulan.sebaiknya dipangku apa dbelikan tiket sndiri untuk kenyamanannya. Trims

    • Sebaiknya mengambil tempat sendiri. Berikut ketentuan :
      a. Usia kurang dari 3 tahun tidak mengambil tempat duduk mendapatkan reduksi sebesar 90% pada semua kelas pelayanan.
      b. Usia 3 tahun atau lebih berlaku tarif dewasa pada semua kelas pelayanan
      c. Semua penumpang yang mengambil tempat duduk dikenakan tarif dewasa pada semua kelas pelayanan.

  268. Fasilitas apa yg tersedia di kreta api lodaya ?. Kelas bisnis lodaya malam dapet selimut tdk . mksh

  269. Admin, maaf mau tanya kalau naik kereta api dari Jakarta(Pasar Senen) ke Solo(Solo Balapan) itu berapa jam yah? terus untuk kelas eksekutif berapa harganya?

    Terimakasih sebelumnya min.

  270. Min mau tanya, kalo naik malioboro express tiket ekonomi boleh msuk gerbong eksekutif gk? Soalnya gerbong eksekutifnya juga emng kosong

    • biasanya ga masalah, tapi saat pemeriksaan tiket, penumpang disuruh petugas untuk kembali ke tempat duduk sesuai tiket yang dimiliki

    • masih banyak pertanyaan serupa mana yang bagus naik eksekutif atau bisnis?
      jawabannya cukup jelas : lebih baik naik eksekutif

  271. min mau tnya, aku kan mau ke jogja dr kediri naik malioboro ekspress.. cm ada ekonomi sm eksekutif, harganya terpaut agak jauh.. mendingan sy ambil mn ya?

  272. Min saya ada rencana mau ke lombok naik kereta dari Jakarta – Surabaya stasiun Gubeng akhir June 2016, mana lebih baik kereta ekonomi or kereta bisnis mengingat perjalanan sangat lama kira kira 20 jam. Thanks

  273. Min. Saya mau melakukan perjalanan dengan KA dari sby ke bandung. Nah saya ingin melakukan perjalanannya sekitar bulan juli-agustus2016 setelah lebaran. Nah mohon sarannya min untuk tiket bisnis/ekonomi biar dapat harganya yg murah dan penumpangnya tidak penuh/ramai kira kira saya ambil di bulan juli/agustusnya ya?

    • Terkait dengan arus balik setelah lebaran, kereta api akan penuh untuk rute dari wilayah timur ke barat. Contohnya perjalanan dari Surabaya ke Bandung atau Jakarta. Kami sarankan agak ambil waktunya agak jauh beberapa musim arus balik. Jadi lebih baik memilih bulan Agustus 2016

    • KA Harina merupakan kereta dengan kombinasi 2 kelas gerbong yaitu bisnis dan ekonomi. Fasilitas kelas ekonomi, sama saja dengan kereta ekonomi lainnya.

  274. Min kalo naik kreta bisnis dr stasiun bandung ke jogja , pasti berhenti di stasiun tugu jogja apa gg ? Saya tkut ketiduran , krn ambil kreta lodayal malam ?

  275. Min, saya baru pertama kali mau naik kereta, kira2 naik kereta apa ya kl mau ke jogja dr gambir naik kereta bisnis?

    • Kalau mau naik kereta bisnis ke Yogya, naik lewat stasiun pasar senen, bisa naik KA Fajar Utama Yogya, atau Senja Utama Yogya atau Senja Utama Solo.

  276. Min mohon info
    Kalo kereta dari surabya – jakarta *gambir /jakarta-surabya
    Jakarta.gambir – madiun
    Ada kah yg kelas ekonomi?
    Hrg tiket brpa ya

  277. Min mau tanya. Saya beli tiket argo parahyangan naik di st bandung. Nah klo kita naik dari stasiun cimahi bisa apa engga ya?

  278. Min mau nanya dong .. kalo dari senen mau ke madiun tp pengen naik kereta bisnis. Enaknya apa y ? Yg duduk ny jgn hadap”an ?

    • pasar senen – madiun tidak ada kereta bisnis.
      kalau mau duduk tidak berhadapan naik bisnis atau eksekutif.
      solusi : ps senen – yogya naik kereta bisnis.
      yogya – madiun naik kereta lokal : madiun jaya ac

  279. Min saya mau nannya…
    Berarti kalo kita naik di senen itu udah pasti ekonomi atau bisnis ya keretanya…
    Min saranin dong. Saya mau jalan dari jakarta ke gombong , yang nyaman dan cepat naik apa , dari pasar senen kelas bisnis ..
    Terus cara mesen tiketnya apa cuman ada online ? Di loket stasiun senennya apa tiap hari ada penjualan tiketnya ?
    Thx min , bantu jawab ya

  280. Buat management Reska, aku saranin kereta belum sampai tujuan tolong ya untuk selimut jangan di ambil dulu kasiahan para penumpang pada kedinginan…kapok saya naik kereta eksekutif.

  281. Admin,,,aq ada rencana ke Surabaya,,,dr segi kenyamanan enak naik kertajaya atau gumarang yg bisnis,,,coz katanya skrg kereta ekonomi jg sdh nyaman utk saat ini

    • Lebih enak kereta kelas bisnis dibandingkan ekonomi, khususnya dalam hal privacy. Kereta ekonomi duduknya saling berhadapan, sedangkan kereta bisnis duduk bisa berhadapan dan bisa juga 1 arah ke depan.
      Jadi, lbh mending kereta gumarang daripada kertajaya

  282. Untuk pergi ke jogja tepaty di Candi Borobudur kalo pake kereta eksekutif brkt sekitar jam 1 siang pake yg mana?n untuk anak usia 3,5tahun apa pwmbayarannya full.terimakasih jawabannya

    • Untuk melihat jadwal dan rute kereta api silahkan klik ini
      Ini ketentuan untuk balita :
      a. Usia kurang dari 3 tahun tidak mengambil tempat duduk mendapatkan reduksi sebesar 90% pada semua kelas pelayanan.
      b. Usia 3 tahun atau lebih berlaku tarif dewasa pada semua kelas pelayanan
      c. Semua penumpang yang mengambil tempat duduk dikenakan tarif dewasa pada semua kelas pelayanan.

    • Admin saya mau tanya,saya mau mudik bulan juni,bawa baby naik argo muria 13,jam 16-21:56,kira kira di bekasi berhenti tdk?dan yg nyaman naik gerbong no brp dan no tmpt duduk no brp yaa?soalnya bwa baby

      • Kl malam biasanya berhenti di bekasi
        kalau gerbong kereta eksekutif argo hampir sama saja enaknya.
        pilih seat di tengah.

  283. admin utk bisnis dr jombang ke jogya pagi naik sancaka nyaman nggak? trus turun di stasiun tugu bisa? pilih gerbong yg nyaman utk anak2 yg mana ya? trima ksh sblmnya.

    • KA Sancaka termasuk kereta yang nyaman untuk pilihan keluarga. Pilihan gerbong tergantung harga, harga yang mahal tentu saja lebih enak, dalam hal : posisi turun dari kereta lebih dekat dengan jalur keluar stasiun.

    • KA Malabar, merupakan kereta eksekutif Malang-Bandung, dalam rangkaian gerbong juga terdapat gerbong kelas bisnis dan ekonomi.
      Lebih jelasnya daftar kereta eksekutif klik ini

  284. Permisi admin. Aku mau nanya nih.. kalo stasiun banyuwangi baru aman gak sih kalo untuk jam 22.00 ? Itu stasiunnya rame nggak? Makasih

    • InsyaAllah seluruh stasiun aman, sangat jauh keadaannya jika dibandingkan terminal. Stasiun Banyuwangi baru, meskipun berada di paling timur pulau jawa, banyak kereta yang datang dan menuju ke sana, pagi s/d malam.

  285. Permisi.
    Kalo mau tujuan Bandung – Yogyakarta Naek KA apa yaa yang super nyaman dan cepat ?? dan Jam pemberangkatannya jam bro ajah ?? Harga Tiketnya berapa ? Terima kasih

  286. Min saya mau tanya , saya mau naik KA dari senen ke lempuyangan kelas ekonomi apakah terdapat ac ?
    Terima kasih.

  287. saya mau tanya, kalau perjalanan dr jakarta ke malang enaknya naek kereta apa, dmna, dan berapa kisaran tiketnya. dan biasanya kereta berangkat jam brapa? kira kira berapa jam perjalanan ya min untuk sampai tujuan? mohon pencerahannya min terimakasih

  288. Misi min, mau tanya ni. Kalau dari bandung ke solo sebaiknya naik kereta kelas apa yaa? Saya masih bingung karna kelas eksekutifnya terbagi 4 dan saya gk tau jelas apa perbedannya. Makasih sebelumnya

    • Kalau mau naik kereta dari Bandung ke Solo, bisa naik Lodaya pagi atau malam. Kereta ini berhenti pada stasiun akhir di stasiun Balapan Solo. Jadi, nggak perlu khawatir kalau ketiduran.

  289. Permisi numpang tanya yah admin, saya akan melakukan perjalanan dengan kereta api dari stasiun Senen ke Purwokerto. Klw tidak salah namanya kereta api Progo yg kelas Ekonomi, nah saya agak bingung, apakah semua penunpabg sudah memiliki tempat duduk masing2 klw kelas ekonomi ? Atau tidak ada ketetapan semua penumpang akan bisa dapat duduk ? Karna jika tidak dapat duduk tentu bisa lelah banget selama perjalanan harus berdiri dengan ransel dan bawaan semuanya. Terimah kasih

    • Semua penumpang kereta api mendapatkan tempat duduk. Sekarang tidak ada lagi penumpang kereta api yang berdiri, semua dapat tempat duduk sesuai no tempat duduk yang tertera di tiket kereta api

Comments are closed.