Interkoneksi Transport

Media Penjualan Tiket Pesawat dan Kereta Api Online

Penting ! Teliti Kembali Tiket Pesawat atau Kereta Api Anda

Dalam suatu kesempatan kami pernah melayani reservasi tiket kereta api untuk salah satu pelanggan secara online. Pemesan saat itu ingin berangkat besok pagi nya. Waktunya hanya 1 hari sebelum berangkat. Pemesan sudah mengirimkan foto KTP untuk input data penumpang kereta api. Data yang diperlukan yaitu nama sesuai KTP, no KTP atau identitas resmi lainnya, no telepon atau HP. Setelah reservasi, kami tanyakan kembali kepada pemesan tentang kebenaran data waktu berangkat, stasiun awal dan stasiun tujuan, jenis kereta yang dipilih. Selain itu juga yang penting adalah tentang persetujuannya mengenai harga tiket. Ya! Setelah sepakat, kami masih menawarkan untuk memilih no seat yang mana. Dan, selesai sudah prosesnya, issued tiket. Ternyata…

Data nama pemesan tadi kurang 1 huruf (tidak sengaja terdelete). Sebagai wujud tanggung jawab, kami pun memberitahukan kepada pemesan bahwa telah terjadi kesalahan nama tersebut. Jika tidak berkenan kami booking ulang. Artinya kami pun siap rugi karena kesalahan tadi. Kata pemesan :”kalau ga masalah ya ga pp”. Mengingat ini sebagai sebuah tanggung jawab dan kami dapat membayangkan bagaimana nanti pemesan akan mengalami kerepotan saat akan memasuki stasiun Kereta Api dan harus berurusan panjang dengan petugas security, maka kami putuskan untuk menghubungi Stasiun Kereta Api.

Setelah melakukan konfirmasi dengan pihak Stasiun Kereta Api di bagian CS, ternyata tanggapan mereka sederhana saja. Kenapa? Karena kesalahan cuma 1 huruf yang terhapus. Selain itu no KTP sesuai dengan pemiliknya. Kesimpulannya tidak masalah dengan tiket yang nama penumpangnya hilang satu huruf tadi. Ini kaitannya dengan kesesuaian antara nama penumpang dan identitasnya, agar terhindar dari praktek calo tiket.

Sekelumit kisah di atas berisi beberapa hikmah penting yaitu :

  1. Harus ada ketelitian (bagi pembeli maupun penjual tiket) dalam menginput data penumpang.
  2. Penumpang harus memberikan data sesuai identitas resmi, karena akan menjadi bagian yang diminta saat pemeriksaan masuk di stasiun.
  3. Jika terjadi kesalahan nama yang masih bisa ditoleransi (seperti kurang 1 huruf, atau tertukar posisi huruf pada nama) masih bisa di crosscheck KTP yang bersangkutan.
  4. Penumpang yang tidak bisa menunjukkan KTP nya tidak bisa naik kereta api meskipun memiliki tiket.
  5. PT Kereta Api Indonesia semakin memperketat pemeriksaan tiket, baik di stasiun maupun di dalam gerbong kereta api, untuk menghindari praktek percaloan dan penumpang “gelap”.

Semisal dengan tiket kereta api, pada tiket pesawat pun perlu ketelitian dalam memeriksa data penumpang. Pemeriksaan tiket di Bandara bisa berlapis-lapis, mulai dari security terminal kedatangan, saat cek in, kemudian saat memasuki ruang tunggu keberangkatan, dan tidak mustahil juga diperiksa kembali sebelum memasuki pesawat udara.

124 thoughts on “Penting ! Teliti Kembali Tiket Pesawat atau Kereta Api Anda

  1. Min, maaf mau tanya.. Ini krna di belikan sm ibu sy no id yg tertera kelebihan 1digit gimana ya min? Mslh tidak?

  2. Min, kmrin sy beli tiket buat tante sy atas nama Maimun, tapi trnyata di KTP namanya Maimun Gobel. Nmor ID nya udah bener, trus tiket udah di cetak. Itu gmna yah?

  3. Min kemarin pas pesen tiket nama yg tertulis muhammad siddiq tapi di ktp muhammad siddiq abdulloh tapi no. Identitasnya udah bener. Jadi gmana ? Trims

  4. Kak saya mau tnya, kan sy ada pesen tiket tapi salah stasiun sama2 di Lampung misalnya saya harusnya pesan Tanjung karang tapi ke pesen kota bumi

  5. Min kemaren aku pesen tiket buwat tetangga aku tapi namanya salah yang harusnya Doni jadi Dini.Itu gimana min?

  6. Min, saya input no.identitasnya NIK tapi kartu identitasnya kartu pelajar boleh tidak ya?

  7. Min, aku tadi pesen tiket kereta api, tapi salah masukin nomer ktp pake nomer ktp temen saya dan suda ada code booking nya. Apakah masih bisa dikoreksi di costumer service gak?

  8. Min temen saya nulis no id nya kan pake kartu pljar nah dia nulis NISnya itu bkn sesuai kartu pljar krna NIS nya udah diganti dan dia nulis yg baru yg gak sesuai dgn krtu pljarnya yg NIS nya lama tp namanya sama itu gimna

  9. Kmarin saya beli tiket. Di ktp namanya mamum sujangi. Tapi saya salah ketik jadi mamun sujangi. M jadi n. Itu bermasalah atau tidak pas pemeriksaan . Tks

  10. Halo td saya nulis nama saya saukah tp di kartu pelajar nmanya saukan tp nama depan sya udah sesuai yg di tiket dan fi kartu pljar itu gimna

  11. Misi, aku mau nanya.. Kn kemaren aku baru pesan tiket pesawat lwt traveloka..
    Disana tertulis nama saya di situ yulastri, pdhl di ktp yulasri.. Kayak mana t mbak???

  12. Saya beli tiket di traveloka , sdh trf dan sdh dapat kode boking setelah sy cek lagi.
    Nama yg saya ketik tidak sesuai di KTP, yg seharusnya sri murwati malah jadi siti murwati.,tp NIK sesuai di KTP. Apakah bermasalah?

    • tergantung nanti saat di konter cek in dalam meyakinkan petugas bahwa ada kekeliruan nama

  13. hallo min, saya mau tanya kalau check in kereta apakah harus pakai KTP asli?
    soalnya sya lagi perpanjang ktp tp blom bisa dicetak
    apakah bisa pakai identitas lain?
    terima kasih

    • ktp sementara boleh, yang penting no identitas yang diinput pada pemesanan tiket sesuai dengan no identitas yang dimiliki

  14. halo min saya mau tanya saya tadi beli tiket kereta tapi salah memasukan noid kelebihan satu no tapi no yang lainya dan nama sudah benar semua bagai mana min

  15. Min mau nanya. Tadi saya booking tiket kereta api di situs tiket.com. Setelah booking selesai, ternyata salah input nama. Seharusnya MOHAMAD tetapi menjadi MOHD. Apakah harus ke cs?

  16. Saya mau tanya , klo misal nama di tiket kereta “mirsad c mokoolang” sedangkan di ktp “mirsad cahyono mokoolang” cahyono disingkat menjadi “C” saja
    nomor nik sama,
    Apakah akan bermasalah nantinya?
    Makasi sblmnya

  17. Hallo mas q hbs beli tiket KAI trs kesalahan nya dalam penulisan nama ada yg salah. Sehrusnya suharyanto tp keimput suharyanro itu gimana ya??? Terimakasih sebelumnya

  18. kak mau tanya, saya kan mengisi no identitas pakai nisn, tapi ada kesalahan yang seharusnya 0002197927 di tiket 0002791927 apa nanti ada masalah?

  19. Min sya mau tanya gmn klo Penulisan Nama pada tiket sesuai dengan KTP, namun saat reservasi di kolom nomer id pada tiket cuma ditulis tanggal lahir 24051987 (format ddmmyyyy), apakah bisa dimaklumi? karena yang melakukan reservasi orangtua.

  20. min kalok tiket kereta api sudah kecetak lupa ngecek klok no ktp di tiket nya kurang 1 angka gmna tuh min solusinya

  21. Min saya salah ketik nama penumpang… Apakah masih bisa di revisi? Kereta purwojaya lebaran gambir- purwokerto tgl 25juni2017

    • tidak bisa revisi, jika kesalahan 2 huruf dan bisa difahami itu merupakan salah ketik, maka tidak masalah

  22. Min saya barusab pesan tiket kereta online sudah saya bayar tapi pas saya lihat ternyata ada kesalahan pda alamat saya
    Khudusnya di RTnya yg seharusnya RT 15 Jdi Rt.05..masalah apa ngga?

  23. maaf mau tanya klo pesen tiket online trus no ktp belakangnya salah hrsnya 003 malah salah ketik jadi 004 gmn apakah bermasalah ?

  24. Saya salah milih tujuan harusnya berhenti di stasiun bandung malah terpilih ke stasiun sebelumnya yaitu cimahi. Namun demikian cimahi-bandung tidak ada perbedaan harga tiket dan jarang ada juga yang mau naik kereta argo prahyangan dengan jrak pendek namun harus bayr full. Ap masalah kalau sy turun di stasiun bandung?

  25. Min klo nama beda jauh ma pemesan bisa ga yah saya ga tau ternyata pesan di toped pas udh jadi ga taunya jadi nama akun bukan nama KTP tapi nik ktp benar

  26. Min tadi saya beli tiket KA , nama lengkap saya dian fitria azizah , Tpi di tiket cuma tulisannya dian fitria tapi no idnya bner. Itu gmna min jdi masalah atau gak

  27. Halo sy hana. kalau misal kurang dalam menginput nama bagaimana ya? Contoh, seharusnya munawaroh dwi tp sy input muna dwi. Tp nomer ktp benar. Bagaimana ya kak?:o

  28. Sy pesan d agen,nama depan sama tp nama belakang beda,trs no.ktp angka belakangnya beda satu angka saja,apa yg hrs sy lakukan?beli tiket baru?

    • kl tiket pesawat tidak masalah, tp kalau kereta api harus bisa meyakinkan petugas saat pemeriksaan

  29. Min,, tadi saya beli tiket buat adek saya dibawah 17th saya input nama nya sesuai kartu pelajar, tapi tgl lahir nya beda,, masalah gk min kira2..?

  30. Mas/mba mau tanya
    Saya salah input no id ktp harusnya belakang angka 20006 tapi saya input 5
    Begitu juga ponakan id di kk salah input harusnya 10008 tapi malah 10001
    Gimana ya yah masalah ga

  31. Mau Nanya kalau e Ktp nama Basilius Agung Yudiyanto. Di tiket KA tertulis Basilius Agung nmr KTP di tiket sudah benar. Bagaimana Ya

  32. Halo saya pesen tiket kai tapi salah input,seharusnya aan setiawan tapi jadi asn setiawsn.tapi nik sesuai ktp,masalah tidak ya

  33. Min, mau nanya, saya beli tiket untuk adik saya yang blm genap 17 thn. Pasti kan entri data no Id di ganti tgl lahir ya. Itu tadi pihak minimarketnya isi data tgl lahir Ibu saya bukan tgl lahir adik saya. Bermasalah ndak ?

  34. Min mau tanya nama saya Amad Romadhon , di tiket salah ketik jadi Ahmad….terus nmr ktp di tengahnya lebih 1 angka, kira2 bgmn ya min, tks

  35. Barusan beli tiket KA dan sdh bayar, tapi nama typo 1 huruf, seharusnya Erni Saraswati jadinya Ernis Saraswati. ID No sesuai dgn di KTP. Apakah bermasalah?

  36. Malam min,
    Min kalau salah input NIK ditengah2 nmer harusnya 8 tapi malah input 6 tros namanya ketambahan “_”, harusnya arie setiani malah jadi arie_setiani. Kira2 gimana ya min. Mohon penerangannya? Makasi

  37. Kalau namanya beda min,tapi idnya sama
    Misalnya
    Namanya kasini wongso sumarto
    Ditulis wasini
    Tapi di sesuai ktp
    Itu gimana,soalnya ada salah satu punyaku begitu

  38. selamat pagi, saya pesan tiket nama lengkap saya pricillia nurfitria tp di tiket kai pricillia saja. itu masalah ga ya min? apa sy harus ke cs di stasiun saat checkin?

  39. Mlm gan mau tanya tdi saya pesen tiket kereta saya cantumkan nma pnumpan MUHAMED ISMAIL BIN IBRAHIM terus setelah selesai tiket dikirimkan ke gmail saya ko cuma MUHAMED I BIN IBRAHIM itu knpa yah apa ga papa saat msuk entar??

  40. Hallo mau tanya.sayakan beli tiket online lewat KAI acces di akun saya pakai nama Ifan Pambudi terus disuruh pakai NIK KTP,ternyata itu harus pakai nama sesuai KTP.sedangkan di KTP saya memakai nama IPAn Pambudi tetapi NIK nya sama,itu bermasalah tidak ya saat pembelian tiket.terima kasih

    • disesuaikan saja dengan no yang tertera di KTP, bisa diatur setting penggunaan nama untuk KTP tidak mesti sama dengan nama akun. bagaimana kalau mau membelikan tiket saudara atau orang tua atau kawan dengan menggunakan akun anda? tentunya tidak harus sesuai nama akun anda kan?

  41. Td saya beli tiket kereta tp nomer nik ada 1 digit yg salah. Hrsnya 3 tapi ngetiknya 4. Dan sy sdh bayar. Apakah bisa dimaklumi?

  42. Hallo barusan saya beli tiket kai, tpi kirang input 2 huruf di data nya. Harusnya praseta ajie s jadi prasetya aji s tpi no id sesuai dgn ktp jdwal jg sesuai apakah bisa di maklumi?

Comments are closed.